Universitas Tertua Di Dunia Dan Peringkat Pertama Di Maroko
Universitas Tertua Di Dunia Dan Peringkat Pertama Di Maroko

Universitas Tertua Di Dunia Dan Peringkat Pertama Di Maroko

Bagikan :

Ketika datang ke universitas terbaik, nama Harvard, Stanford atau Oxford selalu muncul. Tapi berbicara tentang yang tertua, universitas mana saja yang termasuk dalam universitas tertua?

Universitas tertua di dunia dan peringkat pertama di Maroko,Banyak orang mungkin akan menyebut Oxford atau universitas lain di Eropa. Tapi ternyata universitas tertua tidak hanya ada di Eropa lho.

Diadaptasi dari laman Top Universities, berikut adalah daftar 10 universitas tertua di dunia:

1. Universitas Al-Qarawiyyin

Universitas Al-Karaouine, yang berusia hampir 12 abad, adalah kampus universitas tertua di dunia. Kampus ini didirikan pada 859 M dan terletak di kota Fez, Maroko.

Mulanya, Universitas Al-Qarawiyyin adalah masjid yang sering disebut sebagai Universitas Al-Qarawiyyin sebagai pusat pendidikan bagi komunitas Muslim setempat.

Kajian ilmiah di masjid ini setara dengan jenjang perguruan tinggi. Jadi, pada tahun 1998, Guinness Book of Records mencatat Universitas Al-Karaouine sebagai universitas tertua di dunia.

2. Universitas Al-Azhar

Meskipun tidak mencapai status universitas sampai tahun 1961, Universitas Al-Azhar tetap menjadi salah satu universitas tertua di dunia yang didirikan pada awal 970-an M di Kairo, Mesir.

BACA JUGA :   Daftar Tempat yang Memerlukan Bukti Vaksinasi

Awalnya, Universitas Al-Azhar diakui sebagai pusat pendidikan Islam dengan mengembangkan kurikulum modern untuk mata pelajaran sekuler. Tapi saat ini selain studi tradisional, sekolah ini juga menawarkan program bisnis, ekonomi, sains, kedokteran, teknik, dan pertanian.

Saat ini, Universitas Al-Azhar berada di peringkat 51-60 dalam Peringkat Universitas Wilayah Arab QS 2021.

3. Universitas Bologna

Kampus tertua lainnya adalah Universitas Bologna, yang didirikan pada 1088 di kota Bologna, Italia. Kampus ini selalu populer untuk studi doktoralnya, tetapi sekarang ada program studi lain.

University of Bologna tepat berada di peringkat 160 menurut QS World University Rankings 2021.

4. Universitas Oxford

Didirikan antara 1096-1167, Universitas Oxford adalah salah satu universitas tertua di dunia. Kampus universitas terbaik di Inggris juga dikenal dengan lulusan terbaiknya.

Dia menamakannya setelah lulusan yang berhasil menjadi Perdana Menteri Inggris, Uskup Agung Canterbury, santo, peraih Nobel, peraih Nobel dan gelar Sir. Salah satu alumninya yang terkenal adalah Stephen Hawking.

University of Oxford berada di peringkat kedua menurut QS World University Rankings 2021.

BACA JUGA :   Cara Mencetak Sertifikat Vaksin Online yang Aman

5. Universitas Salamanca

Universitas Salamanca didirikan pada tahun 1134 dan menerima piagam kerajaan pada tahun 1218, menjadikannya institusi tertua di Spanyol, setelah Universitas Palestina yang sudah tidak beroperasi.

Terletak di sebelah barat Madrid, Universitas Salamanca adalah institusi tempat Christopher Columbus mengajukan argumennya untuk dukungan kerajaan dalam ekspedisi India pada akhir abad ke-15.

University of Salamanca yaitu berada di peringkat 601-650 dari QS World University Rankings 2021.

6. Universitas Paris

Kampus tertua kedua adalah Universitas Paris yang didirikan antara tahun 1160 dan 1250 di ibu kota Prancis. Kampus ini juga dikenal sebagai Sorbonne, atau salah satu universitas pertama yang didirikan di Eropa.

Universitas Paris sekarang tersebar di seluruh kota dan dibagi menjadi 13 lembaga independen pada tahun 1970. Di antaranya adalah Sorbonne (penggabungan baru Universitas Paris-Sorbonne dan Universitas Pierre dan Marie Curie) dan Universitas Paris 1 Pantheon-Sorbonne.

7. Universitas Cambridge

Pada 1209 oleh sekelompok cendekiawan yang meninggalkan Oxford karena konflik politik, University of Cambridge kini menempati peringkat ketujuh di dunia.

Cambridge suatu universitas di Inggris yang sejauh ini menikmati tradisi persaingan yang sehat dengan pendahulunya, Oxford.

8. Universitas Padova

Didirikan pada tahun 1222, Universitas Padua, Università di Padova atau UNIPD, adalah salah satu dari sejumlah universitas abad pertengahan Italia yang masih beroperasi.

BACA JUGA :   Cara Cek & Daftar Bantuan Langsung Tunai PKH Yang Cair 2021

Universitas Padua dikenal dengan penelitian revolusioner awal dalam astronomi, hukum, kedokteran dan filsafat.

University of Padova saat ini menempati peringkat 216 di peringkat dunia, naik 18 peringkat tahun ini.

9. Universitas Napoli Federico II

Sanctuary of Federico II di Naples didirikan pada 1224 oleh Frederick II, Kaisar Kekaisaran Romawi Suci. Universitas ini terletak di Naples, kota terbesar ketiga di Italia dan salah satu kota tertua yang terus dihuni di dunia.

Sedangkan university of Naples Federico II berada di peringkat 392 di peringkat dunia (naik 32 tempat pada tahun 2021).

10. Universitas Siena

Masih dari Italia, Universitas Siena yang terletak di kota kecil Siena di wilayah Tuscany, merupakan salah satu universitas tertua di dunia yang didirikan pada tahun 1240 Masehi.

University of Siena saat ini berada di peringkat 651-700 di dunia (turun dari 601-700 pada tahun 2020).

Ini adalah daftar 10 universitas tertua di dunia. Meskipun Universitas Oxford adalah salah satunya, Sekarang Anda tahu lebih banyak, bukan?

Bagikan :