Tahun Baru Islam, Baca Doa Awal dan Akhir Tahun ini
Tahun Baru Islam, Baca Doa Awal dan Akhir Tahun ini

Tahun Baru Islam, Baca Doa Awal dan Akhir Tahun ini

Bagikan :

Umat ​​Islam akan segera merayakan Tahun Baru Islam 1443 H. Jatuh pada tanggal 10 Agustus 2021. Saat menyambut Tahun Baru Islam, ada baiknya kita berdoa agar tahun baru Islam dapat kita jalani dengan baik.
Dalam Al-Qur’an, Surah Ghafir ayat 60, Allah SWT berfirman bahwa doa yang dipanjatkan oleh seorang Muslim kepadanya pasti dikabulkan.

Arab: وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَࣖ

Latin: wa qāla rabbukumud’ụnī astajib lakum, innallażīna yastakbirụna ‘an ‘ibādatī sayadkhulụna jahannama dākhirīn.

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman: Berdoalah kepada-Ku, Aku pasti akan menerimamu. Orang sombong yang tidak mau menyembah mereka akan masuk Neraka dalam kehinaan.

Salah satu doa yang bisa dipanjatkan dapat dilihat dalam kitab Maslakul Akhyar atas otoritas Sayyid Utsman bin Yahya. Doa awal dan akhir Tahun Baru Hijriah 1442 H bisa dibaca di momen malam tahun baru lainnya.

BACA JUGA :   Vidio Viral Pria Naik Motor Membagikan Uang Di Lampu Merah

A- Doa Akhir Tahun Islam 1442 H

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Latin: Allahumma ma ‘amiltu min ‘amalin fi hadzihis sanati ma nahaitani ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha ‘alayya bi fadhlika ba’da qudratika ‘ala ‘uqubati, wa da’autani ilat taubati min ba’di jara’ati ‘ala ma’shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirlî wa ma ‘amiltu fiha mimma tardha, wa wa’attani ‘alaihits tsawaba, fa’as’aluka an tataqabbala minni wa la taqtha’ raja’i minka ya karim.

BACA JUGA :   Cara Bayar Pajak Motor Online,Mudah dan Cepat

Artinya: Ya Tuhanku, aku memohon ampunan-Mu atas perbuatanku tahun ini, termasuk apa yang aku larang dan tidak memberiku waktu untuk bertaubat, dan perbuatanku yang Engkau mengerti dari kemurahan-Mu dan Engkau mampu menyiksaku, dan perbuatanku. (Dosa-dosa) yang saya perintahkan untuk bertobat dan saya didorong kepada mereka yaitu saya tidak menaati Anda, jadi saya meminta pengampunan Anda, maafkan saya. Aku berjanji kepadamu. Jangan putus asa, ya Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

B- Doa Awal Tahun Baru Islam 1443 H

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Arab Latin: Allahumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘ala fadhlikal ‘azhimi wa karimi judikal mu’awwal. Hadza ‘amun jadidun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fihi minas syaithani wa auliya’ih, wal ‘auna ‘ala hadzihin nafsil ammarati bis su’i, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.

BACA JUGA :   Syarat & Tahapan Seleksi CPNS 2021

Artinya: Ya Tuhan, Engkau adalah abadi, kuno, dan awal. Dengan rahmat yang besar dan rahmat yang murah hati, Anda adalah pintu harapan, tahun baru ini telah tiba, saya berlindung kepada Anda dari cobaan setan dan walinya tahun ini. Saya berharap bantuan Anda dalam mengatasi nafsu yang sering mendorong saya untuk berbuat jahat. Kepada-Mu aku mohon petunjuk agar aktivitasku sehari-hari dapat mendekatkanku pada rahmat-Mu. Tuhan kebesaran dan kemuliaan.

Inilah doa di awal dan akhir tahun untuk menyambut tahun baru Islam 2021. Jangan lupa untuk membacanya wahai para penolak!

Bagikan :