Pemuda 19 Tahun Di Gaji Rp. 783 Juta Setahun Dari Bitcoin
NIcks Sears, penambang Bitcoin yang digaji ratusan juta dalam setahun. Foto: CNBC

Pemuda 19 Tahun Di Gaji Rp. 783 Juta Setahun Dari Penambang Bitcoin

Bagikan :

Nick Sears, 19 tahun, memilih menjadi penambang Bitcoin. Dengan menjadi penambang bitcoin, penghasilannya per tahun adalah $54.000 atau Rp 783,5 juta.

Sebelum menjadi penambang Bitcoin, pada usia 17 tahun, Sears membantu membangun ladang penambangan Bitcoin di Dalesport, Washington. Ketika dia berusia 18 tahun, dia membeli Bitcoin untuk pertama kalinya karena legal.

Sebagai penambang Bitcoin, Sears bekerja di sebuah ruangan di dalam pusat data dari 4.500 sirkuit terintegrasi aplikasi spin-off (ASIC). ASIC adalah perangkat khusus untuk menambang bitcoin. Mesin mengeluarkan suara masing-masing sekitar 80 desibel. “Kamar saya kedap suara, jadi saya tidak mendengar suara mesin saat menutup pintu, tapi pasti ada suara kalau saya buka pintunya,” katanya seperti dikutip CNBC, Senin (2/8/2021).

Sears telah menghabiskan dua tahun terakhir untuk mempelajari cara kerja mesin penambangan dan cara meningkatkannya sendiri. Dia percaya bahwa pengetahuannya tentang pengelasan dan elektronik lebih berharga baginya daripada gelar sarjana.

“Saya tidak berpikir untuk kuliah, saya hanya ingin mendapatkan lebih banyak pengetahuan dalam perbaikan mesin pertambangan,” kata SCATE Ventures.

Dia menerima kursus pelatihan online dari teknisi Cina yang bekerja untuk Bitmain, yang membantunya memperbaiki peralatan pertambangan khusus. Bulan lalu, Sears dan karyawan lainnya menyelesaikan kelas virtual dengan Bitmain untuk mempelajari cara kerja chip ASIC di papan hash, serta catu daya untuk S17, salah satu perangkat paling populer yang saat ini digunakan untuk mencetak Bitcoin. “Saya memiliki sertifikat pemeliharaan untuk perbaikan dan baru-baru ini menyempurnakan keterampilan saya dalam kategori ini. Sertifikat ini memvalidasi pengetahuan saya dan memberi saya akses untuk membeli persediaan dan bahan langsung melalui Bitmain,” kata Sears. Baca juga:

BACA JUGA :   Download Aplikasi VidMate, APK Penghasil Uang Terbaru

Dia juga akan menghadiri kelas tatap muka di Atlanta, Georgia untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengelasan. “Bagian yang sulit adalah mempelajari cara menyolder dan membongkar papan sirkuit.”

Scott Bennett, Presiden Sears, dengan senang hati memberikan akses kepada timnya ke sumber daya yang mereka butuhkan untuk meningkatkan pekerjaan mereka. Bennett, CEO SCATE Ventures, adalah penambang mandiri yang memulai di garasi orang tuanya pada tahun 2017, sebelum “musim dingin” kripto terakhir, ketika harga Bitcoin dan mata uang kripto lainnya anjlok.

Mirip dengan Sears, Bennett pernah tinggal di salah satu pusat datanya. Tapi dia memilih untuk berkemah daripada tinggal di kamar di dalam fasilitas. “Semua fasilitas kami 100 persen bertenaga air,” kata Bennett.

BACA JUGA :   Tips Sukses Bangun Bisnis dari Nol untuk Kaum Milenial

Fasilitas penambangan tempat Sears beroperasi terletak di sebelah Sungai Columbia dan berbatasan langsung dengan Bendungan Dalys. “Kami menyukai sumber daya ini. Mereka murah, terbarukan, dan sangat berlimpah.” Sementara itu, sebagai penambang bitcoin, Sears menghasilkan $54.000 setahun. Selain itu, ia juga mendapat jaminan kesehatan penuh yang dibayarkan oleh perusahaan.

Bennett juga mengoperasikan beberapa mesin pertambangan yang ditujukan untuk karyawannya. Ini sekitar 0,02 BTC setiap tiga bulan, yang, pada harga hari ini, setara dengan bonus $788 yang diterima oleh Sears dan karyawan lainnya. “Karena semua penambang di China sedang offline, tingkat kesulitannya telah berubah, jadi hadiahnya lebih tinggi. Terakhir kali kami mendapat sedikit lebih banyak dari yang kami lakukan sebelumnya, ”kata Sears.

Dia menjelaskan bahwa ketika mereka pertama kali tiba di pusat penambangan, mereka menyiapkan rak dan membuat infrastruktur jaringan untuk Internet. Setelah menyalakan infrastruktur fisik, bangun pukul 07.00 dan bekerja dari pukul 08.00 hingga 16.00. Sears tetap berada di lokasi setelah itu dalam keadaan darurat. Namun ada teknisi yang bekerja pada malam hari hingga ia istirahat. “Itulah hal yang hebat tentang pekerjaan ini,” katanya. “Saya tidak memiliki rutinitas yang saya lakukan setiap hari. Setiap pagi, saya menemukan sesuatu yang perlu diperbaiki.”

BACA JUGA :   Joe Biden Rilis 6 Aturan Baru Aset Kripto

Tetapi sebagian besar pekerjaannya adalah memantau dan mengelola 4.500 Bitmain dan Whatsminer ASIC untuk memastikan mereka aktif dan berjalan 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Jika salah satu perangkat ini terputus, atau hanya berjalan dengan kapasitas sebagian, tambang SCATE Ventures akan kehilangan uang. Ini karena ketika seseorang menambang bitcoin, yang sebenarnya mereka lakukan adalah meminjamkan daya komputasi mereka ke jaringan bitcoin. Semakin banyak perangkat yang Anda miliki di internet, semakin tinggi peluang mendapatkan bitcoin.

6,25 bitcoin dihasilkan kira-kira setiap 10 menit. Untuk mencetak token baru ini, sekelompok penambang global menyumbangkan daya komputasi mereka untuk menjalankan algoritme hashing. Tapi penambang tidak bekerja di dalam kosong. Mereka bersaing satu sama lain untuk melihat siapa yang dapat membuka setiap kumpulan bitcoin baru terlebih dahulu. Jadi taruhannya tinggi untuk Sears. Oleh karena itu, menurut dia, ketekunan dan pengetahuan tentang bagaimana menyelesaikan masalah di semua fasilitas sangat penting.

Bagikan :