5 Hal yang harus dilakukan saat belajar mobil manual
5 Hal yang harus dilakukan saat belajar mobil manual

5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Belajar Mobil Manual

Tips cara cepat berlatih mobil manual
Seperti dikutip dari laman Drivespark, hal pertama yang harus dilakukan saat mengendarai mobil manual adalah membiasakan memiliki kedua tangan di setir atau setir. Kemudian jangan lupa untuk selalu memperhatikan jarum rpm. Berikut penjelasannya:

Baca Juga  Harga Mobil Tesla Model 3 Terbaru dan Keunggulannya

1. Selalu letakkan kedua tangan di setir

Banyak orang memiliki kebiasaan memegang setir dengan tangan kanan, sedangkan tangan kirinya tetap berada di tuas persneling atau transmisi. Perlu Anda ketahui bahwa kebiasaan ini salah, karena dapat merusak sistem girboks. Perlu dicatat bahwa tekanan sekecil apa pun dapat merusak roda gigi. Oleh karena itu, selalu letakkan kedua tangan di atas kemudi, khususnya pada posisi jam 9 dan 3, yang akan memberi Anda kendali lebih terhadap mobil.

Baca Juga  Daftar Harga Mobil Xpander 2021, Mobil Bekas Ramah Dompet

2. Lepaskan kaki kiri dari pedal kopling clutch

Adalah normal bagi pengendara pemula untuk selalu menginjakkan kaki kirinya di pedal kopling. Tapi jangan dibiasakan ya . Karena kaki kiri yang tertinggal di pedal kopling akan selalu membuat kopling stres dan aus sebelum waktunya. Selain itu, kaki kiri yang selalu menginjak pedal kopling akan mengurangi kewaspadaan pengemudi jika terjadi kecelakaan.

3. Gunakan rem tangan di jalur menanjak

Saat mengemudikan mobil manual di tanjakan, jangan pegang pedal kopling setengah-setengah, karena cara ini tidak akan efektif dan bisa merusak kopling. Sebaiknya rem tangan segera diinjak jika kendaraan berhenti saat melewati tanjakan dengan kondisi lalu lintas padat. Cara ini lebih aman.

Baca Juga  Gaya Amanda Manopo saat berkendara mengejutkan netizen

4. Selalu kendarai gigi pada posisinya

Hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah selalu menggunakan mobil dengan persneling pada tempatnya. Jangan pernah berpikir untuk mengemudi dalam keadaan netral saat berkendara menuruni bukit untuk menghemat bahan bakar, karena ini akan membuat mobil menjadi tidak terkendali. Jadi disarankan untuk menggunakan gigi yang lebih rendah saat akan menuruni bukit, tujuannya agar mobil dapat mematahkan mesin dan mobil dapat dikendalikan.

Baca Juga  Tips Membedakan Pelek Asli Dengan Pelek Palsu TW

5. Perhatikan RPM

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan jarum rpm di tachometer. Karena perpindahan gigi pada mobil manual harus dilakukan pada kecepatan per menit yang tepat agar mesin dapat berjalan.

5 Komponen mobil yang bisa kamu cek sendiri di rumah saat darurat PPKM

Berikut 7 komponen mobil yang bisa Anda cek sendiri di rumah, seperti dikutip Auto2000.

1. Oli mesin

Memeriksa oli mesin sangat mudah. Anda hanya perlu mengecek takaran melalui dipstick apakah level oli mesin masih mencukupi atau perlu ditambah/diganti. biar saat pengagantian tepat pada waktunya

Baca Juga  Begini Cara Mengitung Denda Pajak Mobil yang Lupa saat Bayar

Padahal, selain oli mesin, ada oli transmisi yang perlu diperhatikan. Namun, karena posisi transmisi berada di bawah kendaraan, pastikan tidak ada kebocoran pada rumah transmisi dan periksa kapan terakhir kali Anda menggantinya.

2. Filter Mobil

Selain oli, komponen yang mudah diperiksa adalah filter pada mobil. dan onderdil yang lainnya. jangan sampai terabaikan,. Sama pentingnya dengan filter AC di kabin mobil karena jika dibiarkan akan menyumbat aliran udara AC dan gagal mendinginkan kabin.

Baca Juga  Gaya Amanda Manopo saat berkendara mengejutkan netizen

3. Lampu mobil dan baterai

Saat berada di rumah, Anda juga bisa mengecek kondisi lampu mobil seperti lampu depan, lampu kabut, lampu rem dan lampu sein. Langkah ini bisa dilakukan saat mesin mobil sedang melakukan pemanasan.

Selain lampu, pastikan juga baterai dalam kondisi terbaik. Aki merupakan salah satu sumber utama listrik kendaraan yang harus dijaga, dan ada risiko masalah seperti korsleting jika tidak ditangani. Selain memanaskan perangkat untuk mengisi ulang baterai, Anda dapat menambahkan air ke baterai basah yang kurang dan membersihkan terminal baterai yang kotor.

Baca Juga  Begini Cara Mengitung Denda Pajak Mobil yang Lupa saat Bayar

4. Ban Mobil

Periksa ban dari keausan permukaan dan pertahankan tekanan udara sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Periksa juga dinding ban apakah ada gumpalan dan permukaan ban apakah ada retak atau patah. Pemeriksaan ban serep juga perlu

5. cairan mobil

selain itu cek juga minyak rem agar rem berpungsi dengan baik, juga cek air radiator