Jadwal Puasa 2021 Untuk Seluruh Wilayah Indonesia
Jadwal Puasa 2021 Untuk Seluruh Wilayah Indonesia

Jadwal Puasa 2021 untuk Seluruh Wilayah Indonesia, Simak Infonya

Bagikan :

Jadwal puasa 2021 sesuai dengan kalender Hijriah telah ditetapkan Pengurus Pusat atau PP Muhammadiyah. Hasil dari ketetapan tersebut 1 Ramadhan 1442 H jatuh pada hari Selasa tanggal 13 April 2021.

Seluruh umat Islam terutama di Indonesia secara serentak melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Penentuan puasa dari PP Muhammadiyah tersebut menggunakan metode Hisab.
Sedangkan dari pihak Pemerintah hingga saat ini belum ada kepastian. Bahkan, penentuan dari pemerintah tersebut akan digelar melalui sidang isbat tertanggal 12 April 2021.

Jadwal Puasa 2021 Menjadi Pedoman Pelaksanaan Puasa Ramadhan 1442 H

Sebagaimana kita ketahui bahwa pemerintah melakukan penentuan dengan dua metode yakni metode Hisab atau perhitungan dan metode Rukyatul Hilal. Kedua metode tersebut cukup kuat dan valid dalam menentukan waktu dimulainya puasa para umat muslim.
Jadwal puasa 2021 tersebut untuk pedoman menjalankan puasa dengan khusyuk sesuai dengan perintah Allah yang terdapat dalam QS. Al Baqarah ayat 183-184.

Dalam menanti datangnya bulan suci ramadhan tersebut, umat muslim kembali mempelajari segala hal yang berhubungan dengan puasa, baik dari syarat wajib hingga rukun puasa yang benar. Mereka dengan antusias dan semangat dalam menyambut bulan suci ramadhan tersebut.
Sedangkan untuk hari raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 13 Mei 2021. Hingga saat ini telah ditetapkan hari libur Nasional dan cuti bersama 2021.

BACA JUGA :   Begini Cara Daftar Bansos Melalui Aplikasi Bantuan Bansos

Pelaksanaan Sholat Tarawih 2021

Menambah keutamaan serta keistimewaan dalam menjalankan puasa Ramadhan, umat muslim disunahkan menjalankan sholat Tarawih secara berjamaah. Sholat Tarawih tersebut dapat dilakukan di rumah maupun di Masjid.
Mengenai pelaksanaan Sholat Tarawih berjamaah di masjid kali ini kabarnya diberikan kelonggaran dari Pemerintah. Namun, dilakukan pembatasan.

Pembatasan tersebut yakni terhadap jumlah jamaah shalat Tarawih yang dapat dilakukan secara bergantian atau shift. Demi tetap menjaga kondisi lebih kondusif, jamaah tetap dapat menjalankan sholat Tarawih dengan tenang.
Dengan mengetahui jadwal puasa 2021 tersebut umat muslim dapat mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H dengan sukacita.

Bagikan :