Calon Jemaah Haji Lansia Siap Menerima Vaksinasi Covid-19 Untuk Persiapan Haji 2021
Calon Jemaah Haji Lansia Siap Menerima Vaksinasi Covid-19 Untuk Persiapan Haji 2021

Calon Jemaah Haji Lansia Siap Menerima Vaksinasi Covid-19 Untuk Persiapan Haji 2021

Kementrian Kesehatan saat ini mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 terhadap calon jemaah haji. Terutama bagi para calon jemaah haji kelompok lansia. Hal ini dilakukan sembari menunggu keputusan Pemerintah Arab Saudi sehubungan dengan pelaksanaan haji tahun 2021. Sesuai dengan pernyataan Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, menyampaikan bahwa hingga saat ini telah tercatat lebih dari 57 ribu calon jemaah haji lansia siap menerima vaksinasi Covid-19.

Baca Juga  6 Fakta Vaksin Kosong, Perawat Jadi Tersangka

57 Ribu Calon Jemaah Haji Lansia Siap Menerima Vaksinasi Covid-19

Meskipun belum terdapat keputusan resmi mengenai ibadah haji 2021 dari Arab Saudi, akan tetapi sudah ada sinyal positif bahwa kemungkinan haji untuk dunia akan mulai dibuka. Hal ini berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Dubes Arab Saudi untuk Indonesia saat bertemu dengan Wakil Menteri Agama Indonesia dalam beberapa waktu lalu.
Dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini, pemerintah berupaya untuk melindungi para calon jemaah haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada pelaksanaan haji 2021 mendatang. Upaya perlindungan tersebut dilakukan dengan pemberian vaksinasi Covid-19 tahun 2021.

Baca Juga  Persyaratan Vaksin COVID-19 di Indonesia

Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan pada semua calon jemaah haji. Khususnya mereka yang sudah lanjut usia. Seperti yang kita ketahui, pelaksanaan haji dan umroh tahun 2020 lalu sempat ditunda oleh Pemerintah Arab Saudi karena adanya pandemi Covid-19 yang melanda sebagian besar penjuru dunia. Selain itu, terkait vaksin yang akan digunakan dalam program vaksinasi tersebut sudah dapat dipastikan aman dan halal.

Penantian Penyelenggaraan Haji 2021

Belum lama ini, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Althagafi, menyampaikan yang cukup menggembirakan. Dubes Arab Sudi untuk Indonesia tersebut menyebutkan bahwa saat ini Saudi terus melakukan persiapan agar bisa menerima kedatangan jamaah umroh serta haji.
Selain itu, Esam menerangkan jika Pemerintah Saudi terus melakukan pengkajian akan pelaksaaan ibadah haji tahun 2021. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Baca Juga  Manfaat Vaksin Sinovac - dosis dan efek samping

Menanggapi adanya sinyal positif ini, Pemerintah Indonesia pun terus melakukan persiapan bagi calon jemaah haji. Persiapan tersebut dilakukan sembari menunggu keputusan dari Arab Saudi mengenai pelaksanaan haji 2021 mendatang.
Indonesia pun siap untuk memberangkatkan jemaah haji pada saat Arab Saudi telah mengambil keputusan resmi. Dalam hal ini, 57 ribu calon jemaah haji lansia siap menerima vaksinasi Covid-19 sebagai persiapan awal pelaksanaan haji 2021 mendatang.