Tips Memilih Sepatu Lari yang Nyaman dan Berkualitas Tinggi
Tips Memilih Sepatu Lari yang Nyaman dan Berkualitas Tinggi

Tips Memilih Sepatu Lari yang Nyaman dan Berkualitas Tinggi

Lari termasuk salah satu olahraga yang mudah. Bahkan tidak ada teknik khusus yang harus dimiliki untuk berlari. Tetapi ada tips memilih sepatu lari yang cocok untuk digunakan. Sehingga bisa mendukung aktivitas olahraga lari.

Simak Tips Memilih Sepatu Lari yang Nyaman

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan ketika menentukan sepatu yang akan digunakan untuk lari. Mengingat bahwa jenis sepatu sangatlah bervariasi. Tetapi masing-masing sepatu memiliki fungsi yang berbeda.
Dasar pemilihan sepatu lari tidak hanya terpaut harga, melainkan kenyamanan adalah hal yang harus diutamakan. Sehingga harus diperhatikan dengan baik. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan dengan baik:

BACA JUGA :   Hasil Liga Champions UEFA Pada 15 September 2021 Dini Hari

Memperhatikan Bentuk Kaki

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan bentuk kaki. Setiap orang memiliki bentuk yang berbeda-beda. Pasalnya, akan berpengaruh pada gerakan kaki saat berlari.
Pilihlah sepatu yang bentuknya sepadan dengan kaki. Jangan sampai memilih sepatu dengan bentuk yang memaksakan. Hal tersebut bisa mengganggu kenyamanan saat berlari dan menimbulkan sesuatu yang fatal.

Mengenali Jalur Lari

Tips memilih sepatu lari yang nyaman bisa menyesuaikan dengan jalur atau trek yang akan dilalui. Pasalnya, tidak semua sepatu bisa menempuh medan yang berat. Ada tiga jenis sepatu yang bisa digunakan pada medan yang berbeda.
Misalnya road-running shoes yang digunakan untuk lari di medan biasa seperti jalan, trotoar, dan lain-lain. Sedangkan untuk medan berat menggunakan jenis sepatu trail-running shoes. Terakhir ada cross-training yang biasa digunakan untuk gym atau crossfit.

BACA JUGA :   Barcelona vs Bayern Munich Live SCTV, Mulai Pukul 02.00 WIB

Menyesuaikan dengan Ukuran Kaki

Selain menyesuaikan bentuk, pemilihan sepatu lari bisa memperhatikan ukuran. Hindari membeli sepatu dengan memaksakan ukuran yang kecil. Pasalnya, bisa mengurangi fungsi sepatu yang nyaman untuk berlari.

Memperhatikan Berat Badan

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah memperhatikan berat badan. Dianjurkan memilih sepatu yang agak tinggi dan tebal. Hal ini bertujuan untuk meredam benturan antara kaki dengan permukaan.
Nah, itulah beberapa tips memilih sepatu lari yang nyaman dan aman. Pastikan bahwa sepatu yang dibeli sudah sesuai dengan kriteria di atas. Sehingga nyaman ketika digunakan berlari dalam medan yang sudah ditentukan.