CARA MENDAFTAR LOWONGAN CPNS TAHUN 2021
Foto: Mendaftar CPNS

Cara Mendaftar Lowongan CPNS Tahun 2021

Pemerintah akan membuka kembali posisi calon pegawai negeri sipil pada tahun ini. Setidaknya akan dibutuhkan 1,3 juta calon pegawai negeri baru.
Deputi Sumber Daya Manusia Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tijuh Wedgenarko, menuturkan bahwa pendaftaran akan segera dibuka pada awal kuartal II pada tahun 2021 ini.

“Rencana ditetapkannya formasi 1,3 juta CPNS adalah di bulan Maret 2021, Dan Di bulan April sampai Mei akan dibuka proses pendaftaran CPNS. sedangkan seleksi akan di mulai pada Bulan Juni,” ujarnya kepada CNBC Indonesia.

Kata Beliau, kebijakan tersebut sudah diserahkan kepada ibu Menteri Keuangan Sri Muliani Indrawati dan telah disetujui.

“Saat ini Menteri Keuangan sudah memberikan pertimbangan untuk segala teknis kepada Kementerian Dalam Negeri dan Keuangan. Intinya, Menteri Keuangan sekarang ini telah menyetujui usulan untuk rencana kebutuhan ASN pada 2021,” ujarnya.

BACA JUGA :   Begini Cara Mengitung Denda Pajak Mobil yang Lupa saat Bayar

Untuk sementara, PAN-RB sekarang ini masih menunggu hasil pertimbangan teknis dari pihak Badan Kepegawaian Pemerintah (BKN). Setelah semua selesai, maka akan segera diumumkan.

Asumsinya, tidak ada kebijakan darurat, kata Tiguh.

Berikut rincian untuk formasi 1,3 juta CPNS yang akan dibuka pada tahun ini:

1. 1 juta untuk menempati posisi guru PPPK melalui skema yang juga merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (untuk pemerintah daerah)

2. Pemerintah daerah (tidak termasuk guru) sekarang ini telah menunjuk sekitar 189.000, terdiri dari 70.000 PPPK untuk jabatan non-guru, dan 119.000 CPNS untuk berbagai posisi teknis yang sangat dibutuhkan (termasuk tenaga kesehatan).

3. Untuk instansi pemerintah pusat, persyaratan sekitar 83 ribu ditetapkan 50% PPPK dan 50% CPNS.