Sebutkan Pengertian Resonansi

Sebutkan Pengertian Resonansi

Jawaban : resonansi adalah ketika suatu benda bergetar dipengaruhi oleh getaran gelombang elektromagnetik eksternal sehingga menyebabkan getaran atau meningkatkan amplitudo osilasinya.

Penjelasan tentang Pengertian Resonansi

Resonansi adalah ketika suatu benda bergetar dipengaruhi oleh getaran gelombang elektromagnetik eksternal sehingga menyebabkan getaran atau meningkatkan amplitudo osilasinya. Resonansi bunyi hanya dapat terjadi jika suatu benda memiliki frekuensi alami yang sama dengan frekuensi alami sumber bunyi yang bergetar.

Selain benda, udara atau gas di sekitar sumber bunyi juga dapat beresonansi, asalkan memiliki frekuensi alami yang sama dengan frekuensi alami sumber bunyi. Kegunaan resonansi adalah memperkuat getaran dari bunyi pertama. Di sisi lain, resonansi dapat merugikan ketika terjadi ledakan bom yang mengakibatkan bunyi sangat kencang.

Suara ledakan bom menimbulkan getaran yang dapat meruntuhkan gedung tinggi. Proses menggemakan suara atau tempat memantulkan sumber bunyi ada tiga jenis, yaitu resonansi dada, resonansi hidung, dan resonansi kepala.

Jadi, yang dimaksud dengan resonansi adalah ketika suatu benda bergetar dipengaruhi oleh getaran gelombang elektromagnetik eksternal sehingga menyebabkan getaran atau meningkatkan amplitudo osilasinya.

Kami juga menyarankan kamu untuk belajar pertanyaan selanjutnya : Bagian Telinga Manusia yang Berfungsi Meneruskan Getaran Bunyi di Otak yaitu? Beserta jawaban dan juga penjelasanya.