Rantai Makanan Berikut yang Mengalami Kehilangan Energi Paling Besar adalah

Rantai Makanan Berikut yang Mengalami Kehilangan Energi Paling Besar adalah

A. Padi tikus burung hantu
B. Semak rusa serigala singa
C. Rumput ulat ayam musang ular
D. Fitoplankton zooplanktop kepiting burung camar

Jawaban : C. Rumput ulat ayam musang ular

Penjelasan untuk Rantai Makanan Berikut yang Mengalami Kehilangan Energi Paling Besar adalah

Aliran energi merupakan suatu proses perpindahan energi dari satu organisme ke organisme lainnya melalui rantai makanan atau tingkatan trofik. Diawali dari sinar matahari lalu ke produsen, ke konsumen primer (herbivora), ke konsumen tingkat tinggi (karnivora), sampai ke pengurai. Di dalam proses perpindahan, selalu terjadi pengurangan jumlah energi setiap melalui tingkat trofik makan-memakan.

Efisiensi trofik merupakan persentase hasil produksi (energi) yang disalurkan dari satu trofik ke trofik selanjutnya, umumnya hanya sebesar 10%. Artinya, 90% dari energi yang tersedia pada suatu tingkatan trofik tidak disalurkan ke tingkatan trofik selanjutnya.

Hal ini dikarenakan memperhitungkan energi yang hilang melalui respirasi dan yang terdapat di feses juga energi dalam material organik pada tingkatan trofik di bawahnya yang tidak dikonsumsi oleh tingkat trofik di atasnya. Oleh karena itu, semakin tinggi trofik maka semakin rendah energi yang diterima.

Berdasarkan soal di atas rantai makanan pilihan C mengalami kehilangan energi paling besar karena memiliki 5 tingkatan trofik, sehingga aliran energi yang dibagikan ke tiap trofik akan semakin sedikit.

Jadi jawaban untuk “Rantai Makanan Berikut yang Mengalami Kehilangan Energi Paling Besar” adalah C. Rumput ulat ayam musang ular

Kami juga menyarankan kamu untuk belajar pertanyaan selanjutnya : Pola Interaksi yang Terjadi Antara Tumbuhan Teh Tehan dan Tali Putri adalah Beserta jawban dan juga penjelasanya.