Berikut 7 Cara Mengatasi Laptop Lemot

Berikut 7 Cara Mengatasi Laptop Lemot

Mengatasi Laptop Lemot SocialBerita.com – cara mengatasi laptop lemot bisa dicoba ketika perangkat mengalami penurunan performa. kinerja laptop yang melambat tidak secepat pertama kali dipakai, menandakan laptop telah mulai lemot.
sama halnya menggunakan produk elektronik lainnya, semakin usang laptop akan bermasalah dan melambat. hal tadi tentu menjengkelkan karena mengganggu produktivitas anda sehari-hari.

penyebab laptop lemot bisa beragam. bisa karena usia pemakaian laptop yg telah lama , ram terbatas, terlalu banyak program yang berjalan dalam satu waktu, penyimpanan hardisk yang penuh, browser kelebihan beban, terkena virus, dan banyak lagi.

bila anda sudah mengetahui penyebab laptop yang dipakai acapkali lemot saat digunakan, simak cara mengatasinya berikut ini sebelum tetapkan beli perangkat baru.

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot

Mengatasi laptop lemot bisa anda coba dengan langkah sederhana berikut.

BACA JUGA :   Servis Dan Membersihkan Kompor Gas

1. Bersihkan Cache Secara Bersiklus

cache & cookies di dalam sebuah perangkat wajib dibersihkan secara terpola agar membuat kinerja laptop menjadi lebih ringan & lancar.

caranya, buka file manager, lalu klik kanan dalam gambar pada hard disk contohnya drive c atau d > klik properties > tab general > disk cleanup buat membersihkan cache atau temporary files yg menumpuk.

2. Hapus File & Aplikasi yg Tidak Terpakai

menghapus file, program, maupun aplikasi yg tidak diperlukan lagi bisa meringankan beban kerja laptop.

menghapus file maupun pelaksanaan yg tidak terpakai dapat menaruh ruang kosong dalam hard drive sehingga kinerjanya akan membaik dalam saat singkat.

untuk menilik & menghapus sampai tidak bersisa, anda bisa membersihkan file yang terdapat pada drive, khususnya drive c. periksa satu atau lebih area hard drive dengan membuka “file explorer” > klik “this pc” > buka direktori c.

3. Manfaatkan Penyimpanan Cloud

penyimpanan cloud atau cloud storage bisa menjadi cara lain bagi pemilik laptop dengan kapasitas hard disk internal yg mini . dengan demikian, anda nir akan dipusingkan menggunakan memori internal yg penuh.

BACA JUGA :   Begina Cara Download Windows 11 Gratis Lengkap dengan Fiturnya

selain berfungsi menjadi tempat penyimpanan arsip, cloud storage jua bisa dipakai buat menyebarkan arsip dengan orang lain secara lebih praktis. rekomendasi layanan cloud storage yg bisa dipilih diantaranya icloud, onedrive, dropbox, googledrive, mediafire, amazondrive, dan poly lainnya.

4. Gunakan Software Sesuai Spek Laptop

buat menghindari kinerja laptop yg melambat, pilih aplikasi atau aplikasi yg memang sesuai menggunakan spesifikasi laptop anda.

anda tentu telah mengetahui spesifikasi laptop yg dimiliki, apakah memang dikhususkan buat pelajar juga pekerja biasa dengan penggunaan pelaksanaan ringan; atau laptop dengan spesifikasi besar misalnya yg digunakan editor video, desainer grafis, juga gamers.

apabila laptop hanya dibekali menggunakan spek baku untuk kebutuhan mengetik & browsing, jangan paksakan menginstal pelaksanaan lain dengan berukuran yang besar karena justru akan menciptakan laptop menjadi lemot.

5. Install Antivirus Buat Mengatasi Laptop yang Lemot

virus yg menyerang personal komputer misalnya spyware, adware, malware merupakan salah satu penyakit yang mengakibatkan laptop lemot, merujuk hp. virus misalnya malware contohnya, memang dibuat buat menyerang memori & program di laptop, sehingga dapat memperlambat kinerjanya.

BACA JUGA :   Cara Top Up OVO Pakai m Banking Terlengkap

apabila laptop datang-datang mengalami crash atau melambat, mampu jadi terdapat virus yang telah menginfeksi laptop anda. segera gunakan pelaksanaan antivirus buat menghindari serangan pada laptop.

6. Tambah RAM

cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah menggunakan menambah kapasitas ram. umumnya saat ini laptop hanya dibekali ram dua-4 gb saja. jika norma dan kebutuhan menggunakan laptop adalah multitasking, anda mampu menaikkan sebagai 8gb.

buat saat ini, ram 8gb telah cukup buat mengakomodasi kebutuhan kerja. namun, jika anda membutuhkan pemrosesan yg lebih cepat, dapat mempertimbangkan upgrade ram hingga 16gb atau 32gb.

semakin besar ram, semakin besar juga kemampuan laptop atau perangkat pada menjalankan acara, terlebih software yg membutuhkan banyak memori.

7. Upgrade ke Memori SSD

selain pada ram, upgrade hdd laptop ke ssd atau solid-state drive jua diperlukan terlebih jika anda tidak rajin mengosongkan hard drive.

meski harganya terbilang lebih mahal, tetapi mengubah hdd ke ssd adalah cara digdaya buat mengatasi laptop lemot. ssd membantu proses booting jadi lebih cepat dan minim mengalami kerusakan.

apalagi sebagian besar laptop juga notebook keluaran terkini pun waktu ini sudah dibekali dengan ssd built-in.