Tips Sukses Cara Jualan Online Agar Laris Manis
Tips Sukses Cara Jualan Online Agar Laris Manis

Tips Sukses Cara Jualan Online Agar Laris Manis

Bisa dikatakan cara jualan online untuk pemula (cara jualan best seller online) bisa dibilang mudah dan susah. Jualan online digandrungi banyak orang di tanah air.

Tren jualan ini benar-benar menjadi tren beberapa tahun terakhir sejak menjamurnya pasar dan media sosial. Banyak merchant yang sebelumnya hanya mengandalkan toko fisik terpaksa membuka toko online.

Baca Juga  Ide Bisnis Sampingan Untuk Karyawan

Jualan online terdengar mudah, tapi jualan online juga punya tantangan tersendiri.

Cara Jualan Online Best Seller Untuk Pemula Berikut ini beberapa tips sukses cara jualan online best seller seperti yang disebutkan oleh Bob Villa.

Berikan deskripsi terperinci

Menjual apapun secara online, baik itu marketplace, media sosial, atau website, Anda harus memperhatikan deskripsi lengkapnya.

Cara berjualan online untuk pemula adalah dengan memberikan informasi sedetail mungkin tentang produk agar bisa menjawab semua pertanyaan dari calon pembeli.

Pastikan untuk menyertakan detail lengkap seperti merek, produsen, dan nomor model. Juga memberikan informasi yang akurat dan detail yang relevan tentang kondisi barang dagangan, termasuk cacat jika ada. Jujurlah saat mendeskripsikan barang, terutama dalam hal ukuran, tempat asal, dan kondisinya.

Baca Juga  Tips Dan Trik Digital Marketing Dari Top Brands

Buka opsi tawaran

Tidak dapat dipungkiri, banyak pembeli yang suka menawar barang dagangan. Tampaknya penjualan online tidak dapat mengekang perilaku ini.

Adalah umum bagi calon pembeli untuk menawar sedikit pada platform jual beli online. Sebagai tips cara berjualan online untuk pemula, bersikaplah fleksibel dan terima penawaran yang wajar jika harga yang ditawarkan masih menguntungkan.

Tetapkan harga yang wajar

Cara jualan online untuk pemula yang sangat riskan berkaitan dengan harga produk. Penting untuk menetapkan harga yang wajar untuk memastikan barang Anda terjual tepat waktu.

Baca Juga  Dengan Modal Rp 100 Ribu Bisa Sukses

Strategi penetapan harga yang paling mudah tentu saja melihat pesaing. Jika Anda ingin menjual dengan cepat, Anda dapat menggunakan strategi rebate atau rabat tetapi Anda tetap dapat memikirkan keuntungan.

Juga, jangan ragu untuk mengenakan harga yang sedikit lebih tinggi jika menurut Anda barang yang dijual memiliki kualitas yang lebih baik daripada produk sejenis.

Ambil foto berkualitas tinggi

Cara jualan online untuk pemula atau cara jualan online terbaik kedua yang berkaitan dengan gambar produk. Berikan gambar berkualitas tinggi untuk menarik calon pembeli dan memungkinkan mereka melihat seperti apa sebenarnya barang tersebut.

Baca Juga  Ide Toko Online Yang Paling Laris Tahun 2021

Jika memungkinkan, atur gambar produk dengan latar depan, latar belakang, dan samping dan cobalah untuk mengurangi gangguan sehingga fokusnya adalah pada produk itu sendiri.

Ambil gambar dari beberapa sudut untuk menyajikan gambaran yang lengkap kepada calon pembeli. Manfaatkan cahaya alami dengan menempatkan objek di depan jendela yang terang atau menggunakan lampu khusus jika memungkinkan.

Jangan ragu untuk menggunakan aplikasi untuk meringankan foto. Meskipun sekarang pengambilan gambar di ponsel sangat rumit.

Baca Juga  3 Cara Termudah Bagi Pemula Untuk Memulai Pemasaran Afiliasi

Pengiriman Gratis

Free shipping atau gratis ongkos kirim jelas menjadi daya tarik tersendiri. Tawarkan gratis ongkos kirim jika pembeli ingin membeli dengan minimum pembelian tertentu.

Strategi ini sangat efektif sebagai salah satu metode penjualan online terlaris. Saat ini sudah banyak marketplace yang menyediakan fitur free shipping. Anda dapat mengaktifkan fitur ini untuk meningkatkan penjualan.

Pastikan untuk menyertakan tag pencarian

Cara jualan online selanjutnya untuk pemula yang perlu diperhatikan adalah tentang kata kunci yang bisa dibedakan dalam pencarian. Di pasaran, biasanya juga menyediakan fitur pelabelan untuk memudahkan pencarian produk, termasuk membaginya ke dalam kategori barang.

Baca Juga  Beberapa Hobi Jadi Peluang Bisnis Menguntungkan

Ketahui batasan platform

Cara terakhir berjualan online untuk pemula adalah dengan mempelajari aturan di marketplace atau platform media sosial. Item tertentu diblokir di Facebook dan Marketplace, dan sebaiknya periksa pedoman platform sebelum memposting produk.

Beberapa produk dilarang seperti alkohol, obat-obatan, produk palsu, kosmetik tanpa izin, senjata, dll.

Tanggapi pertanyaan dengan cepat

Cara berjualan online untuk pemula tentunya harus siap menjawab pertanyaan calon pembeli. Transaksi di media sosial dan marketplace cenderung bergerak cepat, sehingga penting untuk memantau pesan yang masuk setiap saat.

Baca Juga  Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan Selama Pandemi

Jika Anda tidak menanggapi pertanyaan Anda dalam waktu 24 jam, calon pembeli mungkin telah membeli barang serupa dari penjual lain.

Bersikaplah realistis dan sabar

Banyak yang terjun ke bisnis online tapi kemudian tutup karena kurang sabar. Bersabarlah, dan pertimbangkan untuk menurunkan harga produk setelah satu atau dua minggu jika pembeli belum datang.

Selain menawarkan diskon, update setiap dua minggu sekali untuk hasil terbaik seperti mengganti gambar produk jika masih kurang menarik.