Usaha Kecil Menengah untuk Bisnis di Indonesia

Usaha Kecil Menengah untuk Bisnis di Indonesia

Usaha Kecil Menengah- (UKM) atau istilah lainnya Usaha Kecil, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah suatu perusahaan yang dikelola dengan modal kecil bagi siapa saja yang ingin memulai suatu usaha.

Hal ini juga didukung oleh pemerintah melalui berbagai kegiatan, pelatihan dan lain-lain. Dengan modal kecil, UKM bisa dilakukan dari rumah terlebih dahulu.

Hal inilah yang memunculkan banyak “cottage industry” atau industri rumahan. Jika digarap dengan baik dan sungguh-sungguh, maka tentunya usaha mikro, kecil dan menengah bisa menjadi perusahaan yang berpenghasilan besar.

Apakah Anda mencari ide bisnis untuk usaha kecil dan menengah? Dalam artikel Rumah.com ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang:

1 Apa itu UMKM?
2 12 Contoh Ide UKM yang Patut Ditiru
. memasak
. mode bisnis
. pendidikan Bisnis
. Bisnis otomotif
. bisnis pertanian
. Pariwisata dan perjalanan bisnis
. bisnis produk kreatif
. Bisnis Teknologi Internet
. pekerjaan kosmetik
. penyelenggara acara bisnis
. Bisnis jasa kebersihan
. Bisnis kebutuhan anak
3 jenis UKM menurut hukum di Indonesia
. bisnis kecil
. bisnis kecil
. perusahaan menengah
4 Keunggulan UKM
. Inovasi cepat
. Fokus pada satu bidang
. mudah untuk memulai
5 Kerugian Usaha Kecil dan Menengah
. Anggaran operasional terbatas
. Pakar Minimal
. Kapasitas produksi kecil

Baca Juga  Hasilkan Uang Dari Usaha Reparasi Sepeda Motor

1. Apa itu UMKM?

Usaha Kecil Menengah untuk Bisnis di Indonesia
UKM sebagai salah satu pilihan bisnis bagi pemula dengan modal kecil. (Foto: pexels.com)

Usaha Kecil Menengah (UKM) atau ada juga yang menyebutnya Usaha Kecil Menengah (UKM dan Usaha Mikro) adalah kegiatan usaha yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha milik swasta.

Perbedaan dengan perusahaan besar dapat dilihat dari total kekayaan bersih perwakilan perdagangan dan hasil penjualan tahunan.

Menurut laporan Kontan, jumlah pelaku komersial yang terlibat dalam kategori mikro, kecil, dan menengah pada 2018 mencapai 58,87 juta orang.

Baca Juga  Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Muda

Di antara mereka, proyek kecil adalah yang paling banyak. Data ini berasal dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Badan Pusat Statistik dan Dana Kependudukan PBB.

Dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia pada tahun yang sama yang diperkirakan sekitar 265 juta jiwa, jumlah ini sangat besar.

Artinya jumlah usaha kecil dan menengah di Indonesia sangat banyak. Meski masih dalam tataran mikro, kehadiran UKM menjadi salah satu penggerak perekonomian global Indonesia.

Karena keterbatasan modal, banyak pengusaha memulai usaha kecil-kecilan. Manajemen yang buruk dan pengalaman yang terbatas membuat laju pertumbuhan UKM biasanya tidak terlalu cepat.

Namun, ada juga yang kemudian menjadi besar dan meraup untung besar.

Baca Juga  Jenis Jenis Usaha Yang Menjanjikan Minim Modal

Oleh karena itu, usaha kecil dan menengah menjadi pilihan masyarakat untuk keluar dari situasi ekonomi yang sulit.

Berbisnis juga memungkinkan pelaku usaha untuk menghasilkan pendapatan baru yang dapat digunakan untuk membeli kebutuhan rumah tangga, termasuk rumah.

2. 12 Contoh Ide UKM yang Patut Ditiru

Usaha Kecil Menengah untuk Bisnis di Indonesia
Cek ide 12 UMKM yang bisa Anda ikuti (foto: 123rf)

Lantas, jenis usaha apa saja yang termasuk dalam kategori UKM? Jika ditelusuri, ada banyak peluang yang bisa dikembangkan, di antaranya 12 contoh berikut ini:

. memasak

Gastronomi adalah bisnis yang tidak pernah mati karena makanan adalah kebutuhan semua orang. Ragam usaha kuliner yang bisa dikembangkan juga cukup banyak.

Anda bisa memulai bisnis di bidang ini dengan modal awal yang kecil. Untuk mencapai kesuksesan, kuncinya terletak pada kualitas rasa makanan, pelayanan dan strategi pemasaran.

Baca Juga  Ide Usaha Sampingan di Desa Dengan Modal Kecil

. mode bisnis

Industri fashion juga berpotensi meraup untung besar, terutama di momen-momen tertentu seperti hari raya. Tren fashion yang terus berubah seiring perubahan zaman membuat bisnis ini tidak pernah lepas dari tempatnya.

Anda dapat mengembangkan usaha kecil menengah dalam produksi, pembelian dan penjualan produk fashion, baik di toko tradisional maupun online.

. pendidikan Bisnis

Tempat kursus dan pelatihan tatap muka sangat digemari, baik dari kalangan pelajar sekolah maupun masyarakat yang ingin menambah keahlian khusus.

Untuk memulai bisnis di bidang ini, Anda harus menyadari kemampuan Anda sendiri sebagai modal awal. Kemudian, ia menawarkan manfaat yang tidak bisa didapatkan pengguna jika hanya belajar online.

. Bisnis otomotif

Ada banyak peluang usaha bagi usaha kecil menengah di bidang otomotif, antara lain jual beli suku cadang mobil, persewaan mobil dan motor, bengkel mobil, dan jasa cuci mobil.

Baca Juga  Modal Usaha Cuci Mobil Berikut Omzet Dan Tips Sukses

Pekerjaan ini sangat mungkin karena jumlah senyawa terus meningkat. Menurut Katadata, di Jakarta saja, rata-rata pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor adalah 5,3% per tahun.

. bisnis pertanian

Sebagai kebutuhan pokok, peluang agribisnis khususnya usaha di bidang pertanian dan peternakan terbuka lebar. Namun, para ayah masih mendominasi UKM.

Beberapa contohnya adalah ayam atau ayam petelur, menanam rempah-rempah, menjual sayuran organik, dan menjual bibit tanaman.

. Pariwisata dan perjalanan bisnis

Bisnis tour and travel memiliki potensi yang besar,khususnya dalam bidang pariwisata. Anda bisa menawarkan paket wisata dengan fasilitas tambahan untuk memudahkan wisatawan.

Usaha ini juga mencakup jasa akomodasi, seperti guest house, cottage, villa, hostel, dll. Ada juga bisnis souvenir yang menguntungkan, baik makanan maupun produk khusus.

Baca Juga  Usaha Kecil Menengah Paling Banyak Dicoba Pemula

. bisnis produk kreatif

Berbagai produk kreatif atau kerajinan memiliki nilai jual yang tinggi. Keunggulannya terletak pada keunikan dan aspeknya bagi saya.

Ada banyak peluang usaha kecil menengah di bidang ini, mulai dari membuat produk fashion hingga aksesoris dan ornamen untuk rumah.

. Bisnis Teknologi Internet

Berdasarkan teknologi internet, bisnis perusahaan kecil dan menengah menjadi lebih dan lebih berkembang. Pekerjaan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat masa kini yang akrab dengan dunia maya.

Selain potensinya, bisnis teknologi internet juga memiliki cakupan yang luas yang memungkinkan terjadinya berbagai inovasi dan eksplorasi.

. pekerjaan kosmetik

Dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda bisa memulai bisnis kecantikan layaknya salon. Peluangnya sangat besar. Agar berhasil, yang bisa ditawarkan adalah kualitas layanan dan keragaman layanan.

Baca Juga  Jenis Usaha Modal Kecil Bisa Jadi Tambahan Penghasilan saat Pandemi

. penyelenggara acara bisnis

Anda juga bisa masuk ke bisnis event organizer dalam skala kecil hingga menengah jika tidak memiliki modal yang banyak. Ada banyak contoh yang bisa dicoba, seperti mengatur ulang tahun, anniversary, pernikahan, dll.

. Bisnis jasa kebersihan

Jasa kebersihan, misalnya laundry, merupakan kebutuhan masyarakat modern. Dengan modal yang tidak banyak, sebuah bisnis bisa dimulai.

Selain mencuci, Anda juga bisa mengembangkan jenis lainnya, seperti membersihkan sepatu, helm atau rumah.

. Bisnis kebutuhan anak

Kebutuhan anak bervariasi, mulai dari pakaian, makanan, membaca hingga permainan. Bidang usaha ini sangat menjanjikan karena orang tua biasanya tidak segan-segan mengeluarkan uang untuk kebutuhan anaknya.