Usaha Kecil Menengah Paling Banyak Dicoba Pemula
Sumber Gambar: bpblogspot.com

Usaha Kecil Menengah Paling Banyak Dicoba Pemula

Usaha Kecil Menengah – Bisnis saat ini sangat digemari banyak orang, namun membangun sebuah bisnis membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun, sekarang ada solusi yang mencakup sejumlah besar contoh usaha kecil dan menengah.

Apalagi saat ini usaha mikro, kecil dan menengah atau usaha mikro, kecil dan menengah telah menjadi fokus pemerintah Indonesia sebagai tulang punggung perekonomian di Indonesia.

Karena dengan membangun usaha mereka mampu menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran.

Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa UMKM memiliki tiga jenis usaha.

apa pun ? Usaha mikro, kecil dan menengah.

Lalu apa perbedaan dari ketiganya?

Perbedaan ketiganya terletak pada omzet pendapatannya.

Usaha Kecil adalah usaha produk yang dimiliki oleh badan usaha perseorangan atau perseorangan dengan kekayaan paling banyak 50 juta rupiah dan omzet paling banyak 300 juta rupiah.

Sedangkan usaha kecil adalah usaha ekonomi produktif mandiri yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha tetapi tidak termasuk anak perusahaan dengan aset 50 juta – 500 juta dan omzet 300 juta – 2,5 miliar rupiah.

Terakhir, perusahaan menengah adalah usaha ekonomi produktif dengan total kekayaan bersih atau omset tahunan 500 juta – 10 miliar dolar dan omset lebih dari 2,5 miliar – 50 miliar rupee.

BACA JUGA :   Kementerian Penanaman Modal, Investasi Pesat Ekonomi Meningkat

Ada 5 ide bisnis sebagai contoh usaha kecil menengah yang bisa Anda coba sebagai pemula:

. memasak

Usaha Kecil Menengah Paling Banyak Dicoba Pemula

 

Usaha kuliner menengah ini merupakan salah satu primadona yang kini memiliki beberapa usaha. Karena bisnis kuliner tentunya banyak dicari oleh setiap orang untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.

UKM kuliner tidak hanya berbentuk restoran, tetapi juga bisnis rumahan yang semuanya dijalankan dari rumah.

Banyak contoh usaha kecil menengah di bidang kuliner, misalnya makanan ringan seperti dim sum dan kue kering, sedangkan makanan berat biasanya membuka perusahaan katering dan terakhir ada minuman, misalnya warung kopi.

Apalagi dengan teknologi yang semakin canggih saat ini, memudahkan Anda untuk mengantarkan makanan seperti Gojek dan Grab sehingga bisnis makanan online Anda bisa semakin maju.

. Fashion dan perawatan kulit

Usaha Kecil Menengah Paling Banyak Dicoba Pemula

 

Salah satu contoh usaha mikro, kecil dan menengah masih menjadi primadona, apalagi bisnis ini bisa dilakukan secara online. Cara mudahnya hanya dengan membuat toko online melalui website atau e-commerce.

Anda bisa menjual banyak jenis fashion, seperti T-shirt, celana, kerudung, dan sepatu. Karena fashion akan selalu berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

BACA JUGA :   Aplikasi Jual Beli Bitcoin Terbaik Terpercaya

Khusus bagi yang menggemari industri fashion, Anda juga bisa membuat brand fashion sendiri.

Kini juga banyak brand fashion lokal yang banyak dicari masyarakat dan memiliki pelanggannya.

Selain fashion, wanita juga tertarik dengan perawatan kulit dan makeup dari sana, Anda bisa memulai bisnis kecil-kecilan untuk produk tersebut.

Apalagi yang sedang tren selama ini adalah perawatan kulit yang dibuat dengan bahan-bahan alami yang bisa membantu mengatasi masalah kulit.

Padahal, upaya ini seharusnya tidak hanya terfokus pada perempuan.

mengapa ? Karena saat ini pun yang menggunakan skincare tidak hanya wanita tetapi pria juga menggunakannya sehingga bisa menjadikannya pasar yang potensial.

Saat ini sudah banyak bermunculan perusahaan perawatan kulit dalam negeri ternama, dan juga mulai dari usaha kecil-kecilan dulu.

. perlengkapan Bayi

Usaha Kecil Menengah Paling Banyak Dicoba Pemula

Berikut ini adalah contoh perusahaan kecil di bidang perlengkapan bayi. Perlengkapan bayi yang bisa anda jual seperti baju bayi, makanan bayi, mainan bayi, dll.

Sebelum memulai bisnis besar, Anda bisa mencoba menjadi distributor produk bayi tersebut.

BACA JUGA :   Download Aplikasi Penghasil Uang yang Membayar Tercepat

Caranya sangat mudah, Anda bisa mulai berjualan di e-commerce dan juga menggunakan media sosial.

. hadiah unik

Usaha Kecil Menengah Paling Banyak Dicoba Pemula

Contoh lain dari bisnis kecil yang bisa Anda coba adalah membuat bisnis hadiah yang unik. Bisnis ini cocok untuk Anda yang suka berkreasi dengan membuat barang-barang seperti papan sepatu handmade, akrilik bahkan scrapbook.

Dengan kreativitas ini Anda bisa mencoba membuka usaha yang tentunya menguntungkan Anda.

Dalam pembuatannya usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar, karena bahan bakunya sendiri relatif tidak mahal dibandingkan dengan harga jualnya. Jadi pekerjaan ini sangat menjanjikan.

Selain bahan baku yang tidak mahal karena biaya merupakan kreativitas anda dalam membuat produk.

. Layanan foto dan video

Usaha Kecil Menengah Paling Banyak Dicoba Pemula

Contoh lain usaha kecil, menengah dan mikro adalah dibukanya jasa fotografi dan video.

Meski kini banyak orang yang bisa menggunakan kamera, namun tentunya tetap membutuhkan bantuan fotografer dan videografer untuk mendokumentasikan momen-momen tertentu.

Karena sangat diperlukan untuk acara-acara tertentu seperti prewedding, bridal party, wisuda, anniversary, dll.

Salah satu contoh bisnis Anda adalah mendirikan studio foto bersama rekan kerja atau memulai dari perusahaan mandiri, bercita-cita menjadi fotografer.