Cara Mencegah Ketiak Menghitam, Lakukan Dengan Cara Ini
Cara Mencegah Ketiak Menghitam, Lakukan Dengan Cara Ini

Cara Mencegah Ketiak Menghitam, Lakukan Dengan Cara Ini

Cara mencegah ketiak menghitam – Munculnya warna hitam di ketiak bisa jadi sangat mengganggu bagi sebagian orang. Padahal, warna ketiak hitam bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri.

Apalagi bagi wanita yang suka memakai baju tanpa lengan, dan tentunya saat ketiak kamu berwarna hitam ini akan membuat kamu ragu untuk memakainya. Namun sebenarnya ada yang bisa Anda lakukan untuk cara mencegah ketiak menghitam.

Cara mencegah munculnya ketiak bisa dimulai dari hal yang paling sederhana yaitu saat proses mencukur bulu ketiak.

Mengapa demikian? Karena proses mencukur bulu ketiak yang salah bisa menyebabkan iritasi. Kemudian, waktu mencukur bulu ketiak yang salah juga bisa menjadi salah satu penyebab ketiak menghitam.

Dalam dunia medis, ketiak yang gelap sebenarnya merupakan ciri dari gangguan kesehatan kulit yang disebut acanthosis nigricans, yaitu suatu kondisi di mana kulit menjadi lebih gelap dan lebih tebal, terutama di bagian lipatan tubuh.

Seperti ketiak, bagian belakang leher, lengan dan lutut. Bahkan dalam beberapa kasus, kondisi ini disertai dengan bau yang tidak sedap di area tersebut.

BACA JUGA :   3 Asuransi Kesehatan Terpercaya di Indonesia

Untuk membahas cara mencegah ketiak menghitam lebih dalam, yang telah dirangkum Liputan6.com di bawah ini dari berbagai sumber, Jumat (28/8/2020).

Perhatikan proses pencukuran

Foto: Men’s Health

Disebutkan di awal artikel, yang pertama cara mencegah ketiak menghitam dimulai dari hal yang paling sederhana, yaitu dengan merawat proses mencukur bulu ketiak.

Padahal, untuk memiliki ketiak yang mulus dan bebas bulu, banyak orang memilih untuk mencukur secara rutin.

Namun, masih banyak salah mencukur yang justru menyebabkan iritasi. Padahal iritasi inilah yang akhirnya menyebabkan ketiak menjadi gelap. Untuk alasan ini, perawatan harus dilakukan saat mencukur bulu ketiak.

Sebenarnya hal ini tidak terlepas dari jenis kulit ketiak yang dianggap sangat sensitif, karena memiliki kulit yang tipis.

Untuk mencukur bulu ketiak sebaiknya dilakukan setelah mandi saat area ketiak terasa lembap.

Selain itu, pastikan pisau cukur yang Anda gunakan cukup tajam untuk memudahkan Anda memotong rambut hingga ke dasarnya.

Namun, jika Anda merasakan nyeri dan panas saat mencukur, segera hentikan. Karena itu adalah tanda iritasi.

Jangan memakai pakaian yang terlalu ketat

Ilustrasi Pilihan Baju (Foto: Becca McHaffie on Unsplash)

Mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa cara mencegah ketiak menghitam bisa dilakukan dengan memperhatikan penggunaan pakaian.

BACA JUGA :   Resep Perawatan Kulit Kering Untuk Kesehatan

Saat ini, mengikuti tren terbaru sudah menjadi hal yang lumrah. Namun, kebiasaan menggunakan pakaian yang terlalu ketat dapat menyebabkan gesekan antara kulit ketiak dengan kain.

Padahal, kondisi ini bisa menjadi penyebab kulit ketiak menjadi gelap. Untuk itu, agar kulit ketiak tidak menghitam, kurangi kebiasaan memakai pakaian yang sangat ketat.

Apalagi jika Anda berada di rumah atau melakukan aktivitas yang sangat berat yang membutuhkan banyak gerakan tubuh, seperti berolahraga.

Hati-hati saat memilih deodoran

Remaja bernama Thomas Townsend ini ditemukan tergelatak di kamar tidur rumahnya selepas mandi.

Selanjutnya, saat membeli deodoran, sebaiknya perhatikan cara mencegah munculnya ketiak hitam, yang juga penting untuk diperhatikan.

Karena produk deodoran yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda juga bisa menyebabkan ketiak menjadi gelap.

Saat ini sudah banyak jenis deodoran yang mengandung alkohol. Sedangkan penggunaan alkohol pada produk perawatan ketiak bisa menimbulkan masalah besar.

Hal ini dikarenakan deodoran dengan kandungan alkohol yang tinggi dapat membuat kulit ketiak menjadi lebih gelap, membuat ketiak menjadi kering, dan seringkali menyebabkan iritasi.

Oleh karena itu, usahakan untuk memilih deodoran yang tidak mengandung bahan berbahaya dan dapat mengiritasi kulit.

Membersihkan akumulasi sel kulit mati

ilustrasi ketiak/pixabay

Cara mencegah ketiak menghitam selanjutnya adalah dengan membersihkan sel-sel kulit mati yang menumpuk.

BACA JUGA :   Cara Bakar 1000 Kalori dengan Berolahraga Setiap Hari, ini Jenisnya!

Hal ini karena penyebab ketiak menghitam adalah karena akumulasi sel kulit mati. Seperti diketahui, kulit ketiak memiliki lipatan yang sangat banyak dan cenderung selalu tertutup.

Kondisi ini menyebabkan bakteri mudah berkembang biak sehingga dengan cepat meningkatkan sel kulit mati.

Untuk mengurangi pertumbuhan bakteri dan sel kulit mati, usahakan selalu menggosok ketiak dengan kuat saat mandi, tapi hati-hati jangan sampai terluka.

Setelah mandi, pastikan untuk mengeringkan ketiak Anda dengan baik. Karena kondisi ketiak yang lembap dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri dan bau tidak sedap.

Periksa ke dokter kulit

ilustrasi dokter (Foto: Pexels.com/Raw Pixel)

Mengapa cara terakhir untuk mencegah penggelapan ketiak Anda harus ke dokter? Karena kondisi ketiak yang hitam juga bisa disebabkan oleh gangguan hiperpigmentasi atau pigmentasi kulit yang berlebihan.

Gangguan hiperpigmentasi pada kulit ketiak merupakan gejala penyakit Addison yang dapat terjadi ketika kelenjar adrenal tidak berfungsi dengan baik.

Hal ini bisa terjadi karena kegagalan sel-sel tubuh memproduksi hormon kortisol dan aldosteron.

Sedangkan kortisol mengatur metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan hormon aldosteron, yang mengontrol tekanan darah dan keseimbangan cairan tubuh.

Munculnya hiperpigmentasi juga bisa disebabkan oleh peningkatan produksi melanin. Melanin adalah pigmen yang melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Untuk itu, jika Anda merasa mengalami hal ini, cara mencegah ketiak menghitam yang terbaik adalah dengan berkonsultasi ke dokter kulit.