Cara Menonaktifkan Centang Biru di WA dengan Mudah
Cara Menonaktifkan Centang Biru di WA dengan Mudah

Cara Menonaktifkan Centang Biru di WA dengan Mudah

Cara menonaktifkan centang biru di WA – Saat Anda menggunakan WhatsApp untuk berkirim pesan, Anda akan sering menemukan tanda centang biru di sebelah obrolan.

Bendera menunjukkan bahwa penerima pesan telah membaca pesan terkirim. Biasanya, tanda centang biru muncul setelah centang ganda abu-abu.

Satu tanda centang abu-abu menunjukkan bahwa pesan telah dikirim, tetapi belum sampai ke penerima. Kondisi ini mungkin disebabkan oleh jaringan yang buruk atau ponsel penerima dimatikan.

Sedangkan centang ganda berwarna abu-abu merupakan tanda bahwa pesan yang dikirim sudah sampai ke orang yang dituju, namun belum membacanya. Fitur hashing ini juga dikenal sebagai tanda terima baca.

BACA JUGA :   Begini Cara Buat Meeting Google Meet dan Keuntungannya

Tanda terima membaca sebenarnya adalah fitur yang berguna. Namun bagi sebagian orang, fitur ini terkesan kurang nyaman.

Banyak dari mereka memilih untuk menonaktifkan fitur tersebut agar orang yang dituju tidak mengetahui apakah pesan tersebut sudah dibaca atau belum.

Nah, buat kamu yang ingin menonaktifkan fitur centang biru di WhatsApp, langsung saja simak tutorialnya melalui artikel berikut ini!

Cara menonaktifkan Centang Biru di WA

Ilustrasi Cara Mematikan Centang Biru di Whatsapp Foto: Unsplash

Berikut cara menonaktifkan centang biru di WA:

Cara menonaktifkan centang biru di WA versi Android

– Buka aplikasi WhatsApp di smartphone.

– Klik tiga titik di pojok kanan atas.

– Pilih Pengaturan di menu bawah

– Kemudian, ketuk Akun, lalu pilih Privasi.

BACA JUGA :   Facebook Business Suite Gabungan Aplikasi Baru Mudahkan UKM

– Di opsi Baca Tanda Terima, geser tombol toggle.

Menonaktifkan centang biru di WA versi iOS

– Buka aplikasi WhatsApp di smartphone.

– Pilih menu Pengaturan di kanan bawah.

– Selanjutnya, klik Akun. Kemudian pilih menu Privasi.

– Jika sudah, geser tombol pada Read Receipts.

Fitur WhatsApp

Ilustrasi Cara Mematikan Centang Biru di Whatsapp Foto: Unsplash

Tanda terima baca bukan satu-satunya fitur yang ditawarkan di WhatsApp. Padahal, ada banyak fitur menarik yang bisa digunakan di aplikasi SMS, antara lain:

Dissapearing

Dissapearing adalah fitur yang memungkinkan Anda mengontrol semua pesan dalam percakapan WhatsApp. Jika Anda mengaktifkan fitur ini, pesan akan dihapus secara otomatis setelah tujuh hari.

Namun, pesan ini tidak berpengaruh pada pesan yang dikirim dan diterima di ruang obrolan. Fitur ini dapat diaktifkan di kolom chat individual, sedangkan di grup, hanya administrator yang dapat mengaktifkannya.

BACA JUGA :   Pengertian dan Fungsi Computer Vision

Dapat digunakan pada 4 perangkat secara bersamaan

Mengutip kumparanTECH, WhatsApp dapat terhubung ke empat perangkat secara bersamaan. Mulai dari smartphone, tablet, hingga komputer.

Obrolan yang diarsipkan

Tahun ini, WhatsApp meluncurkan fitur obrolan yang diarsipkan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan tab obrolan individu atau grup ke arsip.

Di lain waktu, pesan yang sudah ada di arsip tidak akan mengeluarkan notifikasi. Di sisi lain, orang yang mengirim pesan tetap akan menerima tanda centang ganda yang berarti pesan telah terkirim.