Beberapa Fitur Spotify yang Wajib Diketahui
Beberapa Fitur Spotify yang Wajib Diketahui

Beberapa Fitur Spotify yang Wajib Diketahui

Fitur Spotify yang wajib diketahui – Spotify adalah aplikasi populer yang digunakan untuk mendengarkan lagu atau podcast. Layanan streaming musik ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2016.

Memiliki aplikasi Spotify tentunya memudahkan pengguna untuk menemukan lagu populer dengan cepat.

Baik untuk versi gratis maupun premium, Spotify juga hadir dengan beragam fitur. Namun, hanya sedikit pengguna yang memilih fitur yang ditemukan di Spotify.

Mungkin karena pengguna merasa tidak membutuhkannya, atau bahkan tidak tahu tentang fitur Spotify ini.

Nah, demikian, Dirangkum dari KompasTekno ada beberapa Fitur Spotify yang mungkin belum banyak diketahui pengguna.

BACA JUGA :   Bel Rumah Pintar, Cegah Tamu Tak Diundang

Tambahkan lagu dari ponsel atau laptop Anda ke daftar putar

Ingin mendengarkan lagu favorit Anda tetapi tidak ada di Spotify? Tak perlu khawatir, Anda juga bisa menambahkan lagu dari ponsel atau laptop langsung ke playlist.

Caranya mudah, buka aplikasi Spotify versi desktop. Pilih menu Preferences dan scroll ke bawah hingga Anda menemukan opsi Local Files.

Saat Anda mengkliknya, akan muncul opsi “Tambah Sumber” untuk memasukkan lagu dari folder penyimpanan musik di laptop atau komputer Anda.

Tentu saja, Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan fitur “Tampilkan file lokal” melalui sakelar yang disediakan.

Setelah Anda menambahkan musik, Anda dapat melihatnya di bagian File Lokal di bilah sisi kiri.

Pulihkan Daftar Putar yang Dihapus

Spotify memiliki fitur yang memungkinkan pengguna memulihkan daftar putar yang terhapus secara tidak sengaja. Caranya, masuk saja ke halaman profil.

BACA JUGA :   Nintendo Switch FIFA 21 Hadir Dalam Tiga Edisi

Pilih opsi “Pulihkan Daftar Putar” di sisi kiri layar. Kemudian pilih daftar putar yang ingin Anda pulihkan dengan mengklik opsi “Pulihkan” agar kembali seperti semula.

Cari lagu tahun tertentu

Ingin mencari lagu dari periode waktu tertentu? Nah, di Spotify, Anda bisa menambahkan kata “Tahun” untuk mengubah hasil pencarian.

Jika Anda ingin mendengarkan lagu Coldplay dari tahun 2002 hingga 2005. Anda cukup mengetikkan nama Coldplay di bilah pencarian Spotify dan menambahkan kata kunci “tahun: 2002-2005” tanpa spasi.

lagu dan album Coldplay yang dirilis antara tahun 2002 hingga 2005 nantinya akan muncul hasil pencariannya.

Sesuaikan kualitas suara

Fitur Spotify selanjutanya juga bisa Untuk mengatur kualitas audio dari lagu yang sedang kamu dengarkan. Fitur ini cocok untuk pengguna yang takut kehabisan kuota saat mendengarkan lagu.

BACA JUGA :   5 Antivirus Laptop Terbaik Windows dan MacOS

Cukup kunjungi menu Pengaturan, lalu gulir ke bawah untuk menemukan menu Kualitas Audio.

Di sana, ada beberapa pilihan kualitas audio yang ditawarkan mulai dari Auto, Low, Normal, High, dan Ultra High. Pilih mode kualitas audio yang diinginkan. Nantinya, output audio akan dimodifikasi sesuai pilihan Anda.

Buat daftar putar dengan teman

Spotify memiliki fitur yang disebut Daftar Putar Kolaboratif. Seperti namanya, fitur Spotify ini memungkinkan teman Anda untuk menambahkan lagu pilihan mereka ke playlist.

Sangat mudah untuk memilih Buat Daftar Putar untuk membuat daftar putar baru, ketuk tiga titik (…) dan pilih opsi daftar putar kolaboratif.

Sesudah mengklik opsi ini, teman-teman yang Anda pilih sebelumnya dapat menambahkan atau menghapus lagu yang mereka inginkan.

Anda juga dapat menonaktifkan opsi ini jika Anda tidak puas dengan konten lagu yang ditambahkan oleh teman Anda.