Kartu Prakerja Gelombang 20 Begini Cara Daftarnya agar tidak gagal
Kartu Prakerja Gelombang 20 Begini Cara Daftarnya agar tidak gagal

Kartu Prakerja Gelombang 20 Begini Cara Daftarnya agar tidak gagal

Kartu Prakerja Gelombang 20- Kesempatan kembali dibuka untuk mengikuti program kartu pra kerja. Berikut adalah cara mengajukan kartu pra kerja untuk meningkatkan keterampilan Anda di berbagai bidang.

Kartu prakerja gelombang 20  merupakan program pemerintah untuk meningkatkan kapasitas tenaga kerja, terutama yang baru lulus atau yang telah terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Kali ini, program kartu pra kerja sudah mencapai gelombang 20.

Caranya gampang kok  daftar program kartu prakerja Gelombang 20 dengan Handphone (Hp). Berikut cara daftar Kartu prakerja di https://www.prakerja.go.id.

Departemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (PMO) menyatakan dibukanya pendaftaran program kartu prakerja Gelombang 20, hari ini, Kamis (9/9).

“Hari ini pukul 12.00 WIB, kami akan membuka pendaftaran  dengan kuota 800.000 (penerima),” kata Head of Pre-Employment Communications PMO, Louisa Tuhatu kepada wartawan, Kamis (9/9).

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Departemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Deni Pospa Purbasari mengatakan pembukaan program Kartu Prakerja ini merupakan bagian dari upaya pemerintah membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Alokasi anggaran untuk pelaksanaan program kartu pra kerja pada semester II tahun 2021 sebesar Rp 10 triliun. “Dengan anggaran yang tersedia untuk semester II tahun 2021, Program Kartu Prakerja akan mampu memberikan bantuan kepada setidaknya 2,8 juta penerima yang terbagi dalam beberapa gelombang pendaftaran,” kata Denny dalam keterangan tertulis, Senin (16/8). .

BACA JUGA :   PPKM Darurat, Kafe di Malang Naikkan Harga 3x Lipat Khusus Pejabat dan Aparat

Seperti sebelumnya, kuota yang tersedia untuk program kartu prakerja gelombang 20 adalah 800.000 orang. Pendaftaran tiket  hanya dapat dilakukan melalui tautan www.prakerja.go.id.

Selain link ini, bisa dipastikan palsu atau palsu, meski atas nama kartu prakerja. Bagi peserta yang sebelumnya mendaftar pada gelombang seleksi dan gagal, dapat melanjutkan kembali tanpa harus mengulang proses pendaftaran dari awal.

Cara mendaftar kartu prakerja Gelombang 20

Sebelum mendaftar Program Kartu Prakerja gelombang 20, pastikan Anda sudah memiliki akun Kartu Prakerja. Berikut cara membuat akun prakerja:

Jika Anda belum memiliki rekening kartu prakerja, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat rekening prakerja
Pendaftar akan diminta untuk mengisi alamat email mereka, membuat kata sandi minimal 6 karakter, dan mengkonfirmasi kata sandi (ketik ulang kata sandi)
.
Kemudian periksa pernyataan di bawah ini, lalu klik Buat Akun.
Nantinya, pendaftar akan mendapatkan verifikasi akun melalui email yang didaftarkan.
Buka dan verifikasi email dengan mengklik link yang dikirimkan melalui email. Akun kartu pra-kerja juga telah diaktifkan.

Cara mendaftar  jika sudah memiliki akun prakerja:

Bagi yang sudah memiliki akun dan terdaftar, cukup login di laman https://www.prakerja.go.id/ dengan email dan password.

BACA JUGA :   6 Link Download Twibbon HUT RI ke-76 & Cara Pakainya

. Selanjutnya, klik “Gabung” untuk berpartisipasi dalam pemilihan kartu pra-kerja.

. Setelah berhasil membuat akun dan masuk ke akun kartu prakerja, pelamar diharuskan memverifikasi KTP, nomor NIK, nomor KK dan tanggal lahir. Kemudian klik Berikutnya.

. Jika ada kolom yang salah, pendaftar diminta untuk mengisi ulang.

. Kemudian lengkapi data diri Anda dan unggah foto KTP Anda. Pada bagian ini, data yang harus diisi adalah alamat     email, nama lengkap, alamat sesuai KTP, kabupaten, kabupaten, kecamatan, alamat tempat tinggal sekarang, jenis     kelamin, pendidikan terakhir yang diselesaikan, status perkawinan, jumlah tanggungan, status pekerjaan,                     pelatihan mata pelajaran yang Anda inginkan untuk berpartisipasi di dalamnya.

. Setelah diisi, upload foto atau scan KTP Anda di kanan bawah dan klik kotak kiri bawah yang berisi: “Saya bersedia    mengisi semua data yang diperlukan.” Kemudian klik Lanjutkan.

. Proses selanjutnya adalah verifikasi nomor ponsel. SMS akan dikirimkan ke pendaftar yang berisi kode OTP                melalui nomor yang terdaftar.

. Setelah mengisi kode OTP, klik Submit. Langkah selanjutnya adalah mengisi pernyataan pemohon: “Apakah Anda saat ini menganggur?” Isi path sampai selesai, lalu klik OK.

BACA JUGA :   Cara Menghasilkan Uang dari HP Agar Cuan Terus

.Tes motivasi dan kemampuan dasar

Tes ini merupakan bagian dari proses pendaftaran kartu pra kerja. Tujuannya adalah untuk mengenali kompetensi dan potensi Anda. Alat lain seperti kertas dan pensil/pena diperbolehkan digunakan untuk menyelesaikan masalah.

Klik “Mulai Tes Sekarang” untuk mengikuti tes. Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi. Evaluasi biasanya memakan waktu maksimal 5 menit. Jika 5 menit telah berlalu dan tidak ada yang berubah, klik tombol “Perbarui”.

Berikut cara daftar Program Kartu Prakerja gelombang 20 di www.prakerja.go.id. Seperti diketahui, kartu prakerja parPeserta akan mendapatkan dana tambahan sebesar Rp 3,55 juta.

Jika dirinci, dana pelatihan Rp 1 juta, insentif pasca pelatihan Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan dan survei insentif Rp 50.000 untuk 3 survei.

Berdasarkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No. 11 Tahun 2020, dijelaskan bahwa jika penerima kartu prakerja tidak mencantumkan pelatihan dalam jangka waktu 30 hari, maka peserta kartu prakerja dinyatakan gugur.

semoga lulus seleksi kartu pra kerja ke-20 dan mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dalam dunia kerja/usaha.