Langkah Meraih Kebebasan Finansial Bagi Mereka yang Gaji UMR
Langkah Meraih Kebebasan Finansial Bagi Mereka yang Gaji UMR

Langkah Meraih Kebebasan Finansial Bagi Mereka yang Gaji UMR

Bagikan :

Langkah Meraih Kebebasan Finansial Bagi Mereka yang Gaji UMR, Istilah kebebasan finansial atau financial freedom sering digaungkan oleh banyak orang sebagai tujuan finansial selama masa produksi.

Menurut Perencana Keuangan saya, Ninet Dangirani, CFP®, Langkah Meraih Kebebasan Finansial Bagi Mereka yang Gaji UMR adalah kemampuan untuk melakukan atau membeli apa pun tanpa mengkhawatirkan pendapatan.

Kebebasan finansial sering dikaitkan dengan pensiun dini atau hanya bekerja saat Anda menginginkannya. Sebab, orang ini bisa hidup dengan penghasilan pasif, tanpa premi, dan tidak lagi mengkhawatirkan uang.

Tentu banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencapai Langkah Meraih Kebebasan Finansial Bagi Mereka yang Gaji UMR , apalagi jika Anda adalah karyawan yang berpenghasilan minimal.

BACA JUGA :   Cara Monetisasi Facebook untuk Menghasilkan Uang

Untuk lebih jelasnya simak langkah-langkah berikut ini.

1. Ketahui situasi keuangan Anda

Menurut Ninet, kunci utama untuk mencapai kebebasan finansial adalah bagaimana Anda bisa mengelola uang dengan bijak.

Besaran gaji yang dimiliki bukanlah tolak ukur utama, tetapi apakah pendapatan tersebut dapat membiayai semua kebutuhan atau tidak.

Oleh karena itu, pahami kondisi keuangan Anda mulai dari sekarang, seperti pemasukan dan pengeluaran.

“Jangan biarkan pasak lebih besar dari tiang,” Nenett bersikeras.

Dia berkata: Hiduplah sesuai dengan kemampuan dan kebutuhanmu. Hal ini dapat dilakukan dengan menjaga arus kas tetap positif, yaitu ketika pendapatan lebih besar daripada pengeluaran.

Saat arus kas berubah menjadi negatif, segera cari solusi lain agar arus kas menjadi positif kembali.

BACA JUGA :   Cara Investasi Saham Yang Benar Bagi Pemula

Dengan arus kas yang terkelola dengan baik, kebebasan finansial bukan lagi sekedar mimpi atau cita-cita, melainkan tujuan yang realistis dan terjangkau.

2. Tetapkan anggaran bulanan

Salah satu penyebab pemborosan adalah kurangnya rencana belanja bulanan. Jadi, setiap awal bulan cobalah untuk mencari tahu bagian dari belanja untuk kebutuhan yang berbeda.

Buatlah jatah atau anggaran untuk setiap bulannya. Misalnya, biaya transportasi ke kantor, kebutuhan nutrisi, kebutuhan anak, kebutuhan perjalanan, hingga makan siang di kantor.

Dengan anggaran tertulis, Anda akan lebih mudah mengontrol gaya hidup dan merencanakan pengeluaran Anda.

“Itu juga bisa mengurangi risiko membeli barang yang tidak dibutuhkan,” kata Ninette.

3. Sisihkan jangan tinggalkan

Inilah yang bisa Anda lakukan untuk mencapai kebebasan finansial lebih cepat, yaitu dengan menabung dan berinvestasi.

BACA JUGA :   Investasi Untuk Pekerja Bergaji Rendah

Begitu Anda menerima gaji di awal bulan, Anda harus selalu menyisihkannya dan menabung dan berinvestasi. Jangan tinggalkan tabungan setelah membelanjakannya, karena akan memperlambat tujuan keuangan gratis Anda.

Ada banyak pilihan alat investasi yang bisa Anda gunakan. Namun, sangat penting bagi Anda untuk mengedukasi diri sendiri tentang keuangan agar tidak terkena investasi penipuan.

Poin kunci bagi seseorang yang telah memperoleh kebebasan finansial adalah apakah pendapatan yang diperoleh dapat menutupi pengeluaran.

Yang disebut Ninet, yaitu jumlah pendapatan jika pengeluaran Anda meningkat dan Anda bahkan tidak dapat menabung, maka Anda tidak bebas secara finansial.

Kita tidak harus bebas finansial setiap saat, dan dia menambahkan, “Bahkan penghasilan kecil, jika dikelola dengan bijak, dapat menikmati kebebasan finansial.”

Bagikan :