Manfaat Air Jahe untuk Ibu Hamil dan Efek Samping
Manfaat Air Jahe untuk Ibu Hamil dan Efek Samping

Manfaat Air Jahe untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya

Bagikan :

Jahe adalah rempah-rempah yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bagi ibu hamil, jahe dikatakan dapat mengurangi efek mual di awal kehamilan. Selain ada manfaat air jahe untuk ibu hamil, efek samping juga perlu di pahami.

Namun, beberapa orang khawatir bahwa minum teh jahe akan berdampak pada janin dan ibu hamil. Ah, benarkah?

Manfaat air jahe untuk ibu hamil

Saat meluncurkan Healthline, penelitian menunjukkan bahwa hingga 80 persen ibu hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama kehamilan.

Kandungan senyawa dalam jahe, bisa mengurangi rasa tidak nyaman di awal kehamilan. Pengosongan lambung dapat dipercepat dengan Senyawa shogaol dan gingerol yang ditemukan dalam jahe, yang dapat membantu mengurangi rasa mual.

BACA JUGA :   Makanan Tinggi Polifenol Berikut Jenisnya

Tips minum air jahe saat ibu hamil

Yang dilansir dari Web MD, jahe mungkin aman untuk ibu hamil (kondisi kehamilan normal), asalkan dosisnya tidak berlebihan atau dalam batas wajar.

Agar lebih aman, ibu hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum meminum air rendaman jahe.

Ibu hamil yang ingin mengurangi mual dan muntah di awal kehamilan bisa meminum ginger ale dengan resep sederhana berikut ini.

Resep jahe untuk ibu hamil sangat mudah. Anda cukup mengambil 1 sendok teh (5 gram) jahe segar, parut atau iris tipis dengan segelas air.

Jumlah ini setara dengan 1.000 miligram suplemen jahe. Sebuah penelitian terhadap 67 wanita hamil menunjukkan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi 1.000 miligram kapsul jahe selama empat hari memiliki lebih sedikit mual daripada mereka yang tidak minum.

BACA JUGA :   Makanan Sarapan yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Enam penelitian lain juga menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi jahe dalam batas aman mengalami lebih sedikit mual dan muntah di awal kehamilan dibandingkan mereka yang tidak minum jahe.

Efek samping jahe untuk ibu hamil

Pada dasarnya Ibu hamil yang ingin minum air jahe itu tidak berbahaya, asalkan tidak berlebihan (satu cangkir per hari).

Jadi janganlah sering sering minum air jahe dalam sehari, ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa wanita hamil yang minum jahe mendekati tanggal persalinan dapat meningkatkan risiko pendarahan.

Perlu di perhatikan, wanita hamil dengan riwayat keguguran, pendarahan vagina, atau masalah pembekuan darah harus menghindari jahe.

Efek samping dari minum jahe secara berlebihan juga dapat menyebabkan sakit perut, keasaman, perut kembung, dan mudah bersendawa.

BACA JUGA :   Penyebab Jerawat di Hidung dan Cara Menghilangkannya

Nah, itulah seputar informasi manfaat air jahe dan efek samping yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Bagikan :