Aturan baru tes CPNS 2021, dengan kamera di komputer tes
Aturan baru tes CPNS 2021, dengan kamera di komputer tes

Aturan Baru Tes CPNS 2021, Dengan Kamera Di Komputer Tes

Bagikan :

Aturan baru tes CPNS 2021, Pelaksanaan Ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 berbeda dengan tahun sebelumnya.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengeluarkan aturan terbaru terkait tata cara seleksi menggunakan metode Computer Aided Test (CAT).

CAT BKN adalah suatu sistem seleksi aturan baru tes CPNS 2021, berbantuan komputer yang digunakan untuk memperoleh lulusan yang memenuhi standar kompetensi minimal.

Perubahan ujian CPNS 2021

Yang sebelumnya, ketentuan ini diatur dalam Peraturan BKN Nomor 50 Tahun 2019.

Persyaratan terakhir adalah No 2 Peraturan BKN 2021 tentang tata cara seleksi menggunakan metode BKN CAT tanggal 29 Maret 2021.

Aturan baru tes CPNS 2021 ini dilakukan pada tata cara pelaksanaan seleksi CAT BKN untuk menyesuaikan dengan perubahan keadaan dan kebutuhan.

BACA JUGA :   Cara Mengecek Tunjangan BPJS Ketenagakerjaan Tahun 2021

Pj Kepala Biro Humas, Hukum, Berkerjasama BKN Paryono telah mengatakan, perubahan tersebut adalah penambahan spesifikasi teknis berupa kamera dan sistem operasi minimal yang harus tersedia pada komputer yang digunakan peserta.

“Di komputer ada kamera untuk tes SKD (Basic Aptitude Test),” kata Baryono kepada Kompas.com, Sabtu (24/4/2021).

Pada seleksi CPNS sebelumnya, peserta tes SKD tidak terpantau dengan kamera.

CAT BKN tahap seleksi

Aturan baru tes CPNS 2021, pemilihan BKN CAT melalui Peraturan BKN 2/2021 meliputi tahapan sebagai berikut:

1 pengaturan pilihan

2 melakukan seleksi

3 Laporkan pilihannya.

Seleksi CPNS tidak hanya akan menggunakan metode CAT BKN. Berikut tahapan seleksi yang dilakukan dengan menggunakan metode CAT BKN:

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Seleksi calon pegawai pemerintah dengan sebuah perjanjian kerja (PPPK)

BACA JUGA :   Link Nonton Drakor Episode 8 Snowdrop Sub Indonesia

Memilih sekolah layanan Memilih pengembangan karir

Pilih 0rgan negara non-sipil (ASN).

Secara umum persiapan seleksi CPNS, PPPK, pengabdian sekolah, pengembangan karir dan seleksi non-ASN terdiri dari 3 (tiga) proses, yaitu:

. proses koordinasi

. Tarik data pelanggan dan jadwalkan

. Siapkan database ujian.

Pelaksanaan tes CPNS 2021

Selain itu, pengujian dapat dilakukan dengan metode CAT BKN di kantor BKN pusat, kantor BKN wilayah, UPT BKN dan/atau tempat mandiri yang disediakan oleh lembaga penyelenggara.

Selanjutnya untuk tahap persiapan pra seleksi dilakukan oleh Tim Pelaksana CAT BKN bersama Panitia Seleksi Badan untuk memastikan kelengkapan seleksi beserta infrastrukturnya.

Begitu juga sama tahapan pelaksanaan, Tim Pelaksana CAT BKN dan Panitia Seleksi Badan bekerja sama untuk memastikan kelancaran pelaksanaan proses seleksi, mulai dari pendaftaran hingga pengiriman dokumen seleksi.

Laporan

Terakhir, tahap pelaporan dilakukan dengan sejumlah tindakan yang terdiri dari pelaporan pemilihan CPNS, PPPK dan sekolah kedinasan yang dilakukan oleh tim yang ditunjuk oleh kepala BKN.

BACA JUGA :   Joe Biden Bikin Rusia Menderita Setelah Menyerang Ukraina

Tugasnya antara lain memastikan bahwa dokumen hasil seleksi di setiap lokasi tes dimasukkan ke dalam database aplikasi, memvalidasi hasil seleksi, dan menyusun laporan hasil seleksi secara keseluruhan.

Selain juga itu untuk pelaporan pilihan non-ASN dan pilihan pengembangan karir dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan Sistem Pilihan (PPSS) BKN.

Orang berkebutuhan khusus

UU BKN 2/2021 juga mengatur tata cara seleksi bagi peserta penyandang disabilitas.

Dan juga panitia Seleksi Badan wajib memberikan informasi kepada PPSS BKN jika ada peserta penyandang disabilitas. PPSS BKN akan mengumpulkan data dan mengirimkan informasi ke unit bisnis terkait.

Kantor wilayah atau instansi tempat seleksi dilakukan untuk mempersiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan bagi peserta penyandang disabilitas.

Bagikan :