iPhone XR - Ini Kelebihan dan Kelemahannya
iPhone XR - Ini Kelebihan dan Kelemahannya

iPhone XR – Ini Kelebihan dan Kelemahannya

Bagikan :

Jika Anda berencana untuk memiliki iPhone pertama Anda, iPhone XR pasti harus menjadi pilihan utama Anda. Seri ini memang sudah dirilis pada tahun 2018, namun dari segi spesifikasi, seri ini tidak kalah dengan smartphone terbaru.

Berikut ulasan yang bisa Anda simak mengenai kelebihan dan kekurangan iPhone XR. Diharapkan setelah membaca ulasan ini, Anda akan mengerti apakah seri ini sesuai dengan kebutuhan Anda?

Kelebihan iPhone XR

1. iPhone Terjangkau

Saat pertama kali dirilis, iPhone ini dibanderol dengan harga Rp 15 juta untuk varian 64 GB, Rp 16 juta untuk varian 128 GB, dan Rp 18 juta untuk varian 256 GB. Jumlah ini akan turun secara signifikan pada tahun 2021.

Kisaran harga iPhone XR varian 64 GB adalah Rp 5 jutaan hingga Rp 7 jutaan. Kemudian untuk varian 128GB, Rp 9 juta hingga Rp 10 juta. Sedangkan versi 256 GB dibanderol dengan harga Rp 11 juta.

Harga beli ini sangat wajar mengingat kualitas iPhone ini sendiri yang tak kalah dengan merek HP ternama lainnya yang dirilis tahun ini.

Jika Anda ingin membeli iPhone ini, Anda bisa mengunjungi platform marketplace seperti Blibli.com.

BACA JUGA :   Harga Terbaru Realme C11 2021 dan Spesifikasinya

Pada platform ini, Anda akan mendapatkan daftar vendor, varian, informasi spesifikasi, dan metode pembayaran. Anda juga dapat memanfaatkan promosi atau diskon saat ini.

2. Chipset yang kuat

Chipset bawaan HP iPhone XR adalah Bionic A12 yang kuat dan tahan lama. Jadi, jika Anda adalah orang yang suka bermain game online, maka seri iPhone ini harus menjadi salah satu pertimbangan utama.

iPhone ini sendiri mampu merender game berat dengan visual 3D karena juga ditenagai oleh GPU quad-core. Tampaknya game berat apa pun dapat digunakan dengan lancar dengan ponsel ini.

Tentunya selain untuk gaming, iPhone ini juga bisa digunakan untuk aplikasi berat, seperti aplikasi edit foto dan video. Dengan cara ini, Anda dapat melakukan hampir semua hal dari ponsel Anda.

3. Kualitas kamera

Bukan iPhone kalau kualitas kameranya tidak biasa. Bahkan dengan kamera 12MP, Anda bisa mendapatkan foto berkualitas tinggi. Semua ini berkat fitur kamera yang mendukung pengambilan gambar atau perekaman gambar dalam kondisi pencahayaan apa pun.

Fitur penting dari ponsel ini adalah stabilisasi gambar otomatis yang membantu Anda mengambil gambar diam saat benda bergerak.

Lalu ada mode pencahayaan dan Live Photo yang bisa menangkap gamut warna yang lebar. Dengan dukungan fitur kamera iPhone XR, Anda bahkan bisa menghasilkan foto yang terlihat profesional.

BACA JUGA :   Chip Buatan Google Yang Memulai Debutnya Di Pixel 6

Selain foto, iPhone ini juga cocok untuk merekam video. Ponsel ini mampu merekam video dengan kualitas HD 720p dan HD 1080p.

Seperti halnya mengambil foto, Anda dapat menemukan fitur stabilisasi gambar optik untuk video. Dukungan untuk fitur ini membuat rekaman lebih jelas dan tidak terdistorsi.

4. Kapasitas baterai besar

Faktor ini juga yang menjadi alasan mengapa iPhone XR masih oke untuk tahun 2021. Kapasitas baterai yang ditampilkan cukup besar. Baterai iPhone ini dapat digunakan untuk 65 jam mendengarkan audio dan 16 jam untuk pemutaran video.

Bekerja atau bepergian dengan nyaman tanpa takut baterai HP Anda tiba-tiba drop. Kualitas ini sama dengan kualitas HP unggulan dari merk lain yang lebih mahal.

Jadi, jika Anda menghabiskan banyak waktu di jalan, iPhone ini harus menjadi pertimbangan untuk alat komunikasi seluler Anda.

Baterai iPhone ini kompatibel dengan Pengisi Daya Nirkabel (Qi9). Tentu saja, Anda juga dapat mengisi ulang seperti biasa menggunakan charger atau kabel USB yang terhubung ke laptop Anda.

5. Tahan air dan debu

Keunggulan lain dari iPhone XR bagi Anda yang lebih banyak beraktivitas di luar ruangan. Perangkat seri ini tahan debu dan air. Hal ini membuat HP tetap awet meski digunakan di lingkungan berdebu atau lembab.

BACA JUGA :   Spesifikasi Xiaomi Redmi 10 dan Harga di Indonesia

Ketahanan air dari iPhone ini bersertifikat IP67. Sudah terbukti ponsel ini tahan air hingga kedalaman satu meter selama maksimal 30 menit. Dari informasi tersebut terlihat bahwa HP iPhone ini dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Satu hal yang perlu diingat, jangan mengisi daya saat ponsel Anda basah. Keringkan terlebih dahulu untuk digunakan kembali atau diisi ulang.

Hal ini untuk menghindari kerusakan pada perangkat HP Anda. Dalam kasus terburuk, ini dapat menyebabkan korsleting dan kerusakan jangka panjang.

kelemahan iPhone XR

Seperti produk lainnya, iPhone ini juga memiliki kelemahan. Kelemahan yang ingin kami tekankan kali ini adalah panel LCD. Padahal, layar LCD ini tidak menghasilkan gambar sebagus LED.

Selain itu, layar LCD juga membutuhkan daya yang lebih besar daripada layar LED. Jadi, meski kapasitas baterainya besar, komponen lain seperti layar juga membutuhkan daya yang besar. Hal ini tentu saja membuat Anda tidak bisa menggunakan HP dalam waktu lama.

Dilihat dari kelebihan dan kekurangannya, iPhone ini masih layak dibandingkan dengan HP keluaran 2021. Teknologi yang dihadirkan tidak ketinggalan, dan mendukung gaya hidup saat ini.

Sekarang saatnya mencari iPhone XR untuk dimiliki di blibli. Jangan lupa untuk memperhatikan spesifikasinya, dan jangan ragu untuk chat dengan penjual terlebih dahulu sebelum membeli.

Bagikan :