Perbandingan Nissan dan Hyundai, Mobil Listrik
Perbandingan Nissan dan Hyundai, Mobil Listrik

Perbandingan Nissan dan Hyundai, Mobil Listrik

Perbandingan Nissan dan Hyundai, Mobil Listrik,Dua tahun setelah diperkenalkan, PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) akhirnya meluncurkan Nissan Leaf. Namun, mobil listrik ini akan menantang Hyundai Ioniq yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia. Mana yang menurut Anda lebih baik?

Hyundai Ioniq diluncurkan bersamaan dengan Hyundai Kona pada pertengahan November 2020. Mobil listrik dari pabrikan asal Korea Selatan itu menempati lantai pertama dari Nissan Leaf yang diperkenalkan sejak 2019.

Soal kisaran harga, kedua mobil ini dibanderol dengan harga Rp 600 juta. Sebagai pendatang baru, kendaraan ini menyasar segmen mobil kompak 5 penumpang.

Menarik jika kita coba lihat Perbandingan Nissan dan Hyundai, Mobil Listrik. Dari dimensi dan mesin hingga kisaran harga. Penasaran seperti apa perbandingannya? Inilah kata editor untuk mengirimkan ulasan.

BACA JUGA :   Harga Mobil Tesla Model 3 Terbaru dan Keunggulannya

dimensi

Jika melihat perbandingan dimensi antara Hyundai Ioniq dan Nissan Leaf, tampaknya mobil listrik tersebut memiliki perbedaan ukuran, yakni panjang 4.470 mm, lebar 1.820 mm, dan tinggi 1.475 mm. Sedangkan panjang Nissan Leaf adalah 4.490 mm. Lebar 1788 mm dan tinggi 1540 mm.

Tetapi jika Anda melihat bagian belakang, Ioniq adalah Liftback dengan sedikit ekor di belakang, sedangkan Leaf lebih merupakan hatchback.

Ketika datang ke desain, itu selera semua orang. Hyundai menawarkan grille tertutup yang terlihat lebih futuristik sementara Nissan Leaf tetap mempertahankan gril gerak V sebagai bahasa desain kendaraan Nissan lainnya.

Mulai daya, jenis baterai, dan kinerja

Meski keduanya berada di level harga 600 juta rupiah. Ada sedikit perbedaan antara Hyundai Ioniq dan Nissan Leaf dalam hal jarak tempuh dan daya jelajah.

BACA JUGA :   5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Belajar Mobil Manual

Hyundai Ionic tersedia dalam dua varian, Prime dan Signature. Powertrain Hyundai Ioniq menggunakan magnet permanen dan motor listrik 100 kW (136 hp) yang sangat efisien yang dilengkapi dengan baterai lithium-ion 38,3 kWh. Mesin tersebut menghasilkan torsi 295 Nm, yang disalurkan ke roda depan, dan berakselerasi dari 0-100 meter dalam 9,9 detik.

Hyundai Ioniq menempuh 373 km berdasarkan New European Driving Cycle (NEDC) dan 311 km (berdasarkan WLTP) dengan sekali pengisian daya.

Sedangkan Nissan Leaf menggunakan baterai lithium-ion 40 kWh yang memungkinkan mobil menempuh jarak 311 km dalam sekali pengisian berdasarkan hasil tes NEDC.

Dari segi performa, Perbandingan Nissan dan Hyundai, Mobil Listrik, Nissan Leaf tampil mengungguli Hyundai Ioniq. Mobil ini mampu mengeluarkan tenaga 110 kW di atas kertas, yang setara dengan 150 tenaga kuda dan torsi maksimum 320 Nm. Hal ini memungkinkannya untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 7,9 detik dan kecepatan tertinggi 155 km/jam.

BACA JUGA :   Daftar Harga Mobil Xpander 2021, Mobil Bekas Ramah Dompet

Fitur

Keduanya Perbandingan Nissan dan Hyundai kendaraan dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif yang mampu mulai dari sistem bantuan rem, sensor parkir, sistem kontrol stabilitas kendaraan, dan sistem rem anti-lock. Keduanya juga memiliki fitur yang memungkinkan perlambatan, pengereman, dan akselerasi dengan satu pedal

Ada juga layar sentuh 8 inci sebagai pusat hiburan, dan untuk Ioniq Signature ada fitur sunroof.

harga

PT Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI) resmi memasarkan harga promosi mobil listrik Nissan Leaf yakni Rp 649 juta untuk satu warna dan Rp 651 juta untuk dua warna.

Sedangkan lawan terdekatnya adalah, Hyundai Ioniq. Mobil listrik ini dijual dalam dua varian, Prime Rp. 637 juta dan Tanda Tangan Rp .677 juta.