Jenis Usaha Modal Kecil Bisa Jadi Tambahan Penghasilan saat Pandemi
Jenis Usaha Modal Kecil Bisa Jadi Tambahan Penghasilan saat Pandemi

Jenis Usaha Modal Kecil Bisa Jadi Tambahan Penghasilan saat Pandemi

Bagikan :

Mengetahui jenis usaha modal kecil bisa jadi tambahan penghasilan saat pandemi seperti ini adalah jawaban yang tepat saat perekonomian mulai memburuk.  Namun membangun sebuah usaha juga membutuhkan modal dan perencanaan yang memadai, agar usaha yang dibuat tetap dapat berjalan dan menghasilkan keuntungan yang signifikan.

Dengan adanya internet dan media sosial yang tersebar dimana-mana, memudahkan siapa saja untuk melakukan usaha sendiri. Membangun usaha rumahan juga menjadi lebih mudah dan efisien.

Karena selain tidak berhubungan langsung dengan pelanggan, kita juga bisa mengeluarkan modal yang lebih sedikit karena tidak perlu menyewa tempat.

Namun, Anda juga harus bisa bekerja dengan disiplin, rajin, dan berusaha terus mengembangkan usaha Anda agar tidak berumur pendek.

Dengan memanfaatkan teknologi saat ini, mengikuti tren, dan antusiasme yang tinggi, usaha yang Anda bangun dapat berkembang.

Berikut ini beberapa jenis usaha modal kecil bisa jadi tambahan penghasilan saat pandemi seperti ini, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (20/7/2021).

Jenis usaha memasak atau makanan

Berikut beberapa jenis usaha masakan atau makanan yang bisa menjadi referensi Anda bagi yang ingin membangun usaha di rumah, yaitu:

Buka kedai kopi di malam hari

Jenis usaha kuliner atau makanan dan minuman yang bisa dijadikan contoh adalah usaha kedai kopi. Kedai kopi merupakan perwujudan dari ide sebuah kedai kopi yang paling sederhana.

Buka di malam hari karena keterbatasan budget dan tenaga, apalagi jika ini adalah usaha sampingan bisa jadi tambahan penghasilan saat pandemi, tentunya di pagi hari Anda gunakan untuk usaha utama Anda.

Membuka kedai kopi di malam hari merupakan alternatif yang menarik, apalagi jika Anda juga suka keluar rumah. Anda semua dapat memantau usaha Anda dengan melakukan siaran langsung.

BACA JUGA :   Cara Daftar Metatrader 4 Untuk Pemula

Katering

Jenis usaha modal kecil selanjutnya adalah katering. Usaha Anda akan menjadi solusi bagi para pekerja kantoran yang menginginkan menu makan siang yang enak dan mudah didapat.

Tak hanya itu, usaha katering dengan ragam yang sama ini masih bisa dikembangkan lagi. Contohnya adalah katering khusus untuk menu sehat, dan Anda bisa berkreasi dengan menu dan pilihan usaha Anda.

Cemilan unik

Jenis usaha modal kecil selanjutnya adalah menjual jajanan unik. Dengan menciptakan ide jajanan yang unik dan berbeda dari yang lain, serta mempromosikannya melalui media sosial atau internet bisa menjadi inovasi usaha yang menjanjikan keuntungan besar.

Membuat kue dan roti

Jenis usaha modal kecil selanjutnya adalah jualan kue dan roti secara online. Dengan ide kreatif penjual tentang kue inovatif dan rasa kue yang ingin dia jual kepada pelanggan, banyak orang menyukai jenis usaha ini.

Apalagi dengan kondisi wabah yang membuat masyarakat lebih betah dan menikmati waktu santai bersama keluarga.

Usaha Penyedia Jasa

Berikut beberapa jenis usaha penyedia jasa yang bisa menjadi referensi Anda, yang bisa jadi tambahan penghasilan saat pandemi, yaitu:

Laundry

Jenis usaha ini tentu ada di perumahan padat, terutama di kota-kota besar. Usaha laundry saat ini menjadi peluang usaha yang populer terutama di daerah perkotaan.

Hal ini dikarenakan mencuci pakaian yang kotor merupakan pekerjaan rumah yang selalu dilakukan setiap hari. Namun saat ini, banyak orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan aktivitas tersebut.

Salah satu kunci keberhasilan usaha laundry adalah letak perusahaan yang strategis dan kedekatannya dengan kawasan pemukiman padat penduduk. Setelah Anda memiliki tempat kerja yang strategis, Anda harus menyiapkan peralatan cuci yang berkualitas tinggi.

BACA JUGA :   Jepang Desak Perusahaan Kripto Turut Berikan Sanksi Terhadap Rusia

Dengan memiliki peralatan cuci yang berkualitas maka hasil pencucian juga akan lebih baik. Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan strategi pemasaran yang menarik dan unik.

Anda dapat membagikan brosur di area sekitar tempat kerja Anda atau menawarkan harga promosi yang menarik.

Cuci mobil dan motor

Jenis usaha modal kecil selanjutnya yang tidak kalah menjanjikan dan menguntungkan saat ini adalah usaha cuci mobil dan motor.

Saat ini mudah untuk menemukan usaha cuci mobil dan motor dalam skala kecil maupun besar. Usaha cuci mobil dan motor juga memiliki potensi yang besar karena jumlah pemilik kendaraan terus bertambah setiap tahunnya.

Meski terkesan sepele, banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mencuci mobil secara rutin. Oleh karena itu, banyak pemilik kendaraan seperti itu mencuci di tempat cuci mobil dan sepeda motor.

Kebutuhan akan jasa cuci mobil dan motor besar tentunya dapat membuka peluang usaha yang menguntungkan bagi Anda.

Untuk memulai usaha cuci mobil dan motor bisa dimulai dari skala rumahan. Jika rumah Anda berada di lokasi yang strategis, Anda bisa membuka usaha di pekarangan atau garasi Anda.

Layanan Pengetikan

Selain itu, jenis usaha modal kecil di bidang jasa selanjutnya adalah jasa percetakan. Karya ini pasti bestseller di area sekitar kampus.

Banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa pengetikan untuk menulis tugas atau skripsi. Ide ini cocok sebagai usaha sampingan karena hanya dengan menulis, Anda bisa menghasilkan uang.

Tarif yang digunakan untuk layanan ini biasanya berdasarkan per halaman atau kata kunci. Usaha ini tentunya tidak membutuhkan biaya yang sebesar modal dasar.

BACA JUGA :   Tips Sukses Cara Jualan Online Agar Laris Manis

Anda hanya perlu beberapa perangkat yang harus dilengkapi, seperti komputer atau laptop, printer, kertas HVS, pemindai, dll.

Cuci sepatu

Jenis usaha modal kecil yang ketiga adalah jasa cuci sepatu. Usaha ini merupakan jenis usaha yang hanya membutuhkan modal yang sedikit. Jenis usaha ini mirip dengan laundry, namun lebih fokus pada pencucian sepatu.

Peralatan yang dibutuhkan sangat sederhana yaitu, sikat sepatu, cairan pembersih dan peralatan lainnya.

Sama seperti mencuci, Anda juga perlu menjaga lokasi dan kondisi lingkungan saat ingin membuka usaha ini. Lokasi berada di tengah kampus atau kantor, sangat cocok untuk jenis usaha ini.

Perencana Pernikahan

Mungkin Anda bingung membedakan antara WO dan EO (event organizer). Untuk menjalankan wedding planner, Anda tidak perlu repot mencari sponsor untuk mendapatkan uang yang digunakan untuk menyewa vendor.

Karena sumber utama pembiayaan pernikahan berasal dari calon pengantin itu sendiri. Bisa dibilang, bahwa Anda tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali dan hanya memiliki pengetahuan dalam mengurus pernikahan.

Penyelenggara Acara

Kegiatan event organizer juga merupakan usaha yang bisa dibilang hampir tidak membutuhkan modal. Dua hal yang dibutuhkan dari jenis usaha ini untuk orang-orang terkenal saat ini adalah pengalaman dan kepercayaan dari klien saja.

Untuk mendapatkan pengalaman ini, Anda bisa mengikuti pembelajaran di berbagai event terkini. Akan lebih baik jika Anda sudah memiliki hubungan dengan vendor yang menyediakan perlengkapan acara, seperti vendor audio, vendor panggung, dekorasi, dll.

Anda dapat menggunakan hubungan dan mencari sponsor untuk mendapatkan dana. Targetkan beberapa perusahaan besar yang berpotensi dan memiliki program pemasaran di dalamnya.

Biasanya perusahaan membutuhkan acara untuk menarik pasar, dan Anda bisa menjadi pemilik usaha.

Bagikan :