Ide Usaha Sampingan di Desa Dengan Modal Kecil
Ide Usaha Sampingan di Desa Dengan Modal Kecil

Ide Usaha Sampingan di Desa Dengan Modal Kecil

Bagikan :

Ide usaha sampingan di desa dengan modal kecil – Saat ini sudah banyak usaha sampingan di desa yang bisa dimulai dengan modal kecil. Banyak masyarakat pedesaan yang tidak berani memulai usaha karena berbagai alasan, baik karena kekurangan modal maupun karena daerah yang tidak mendukung.

Padahal, saat ini banyak ide usaha sampingan di desa yang bisa dimulai dengan modal kecil. Meski berada di daerah pedesaan, ide bisnis ini sangat menjanjikan dan bisa menunjang penghasilan Anda.

Diadaptasi dari buku Menjadi Pengusaha Setelah PHK oleh Nurnitasari dkk (2009: 17) Berikut beberapa tips memulai usaha dengan modal kecil:

– Anda memiliki alasan yang jelas untuk memulai usaha

– Bangun model usaha yang sesuai dengan kepribadian Anda

BACA JUGA :   Sejumlah Negara Asia Minta Cryptocurrency Jatuhkan Sanksi Untuk Rusia

– Posisikan produk/jasa dengan jelas

– Memulai usaha dengan anggaran kecil

– Cari mitra pada frekuensi yang sama seperti Anda.

Ide usaha sampingan di desa dengan modal kecil

Berikut adalah peluang ide usaha sampingan di desa yang bisa Anda mulai dengan modal kecil:

1. Ternak lele

Ikan lele membutuhkan kolam untuk menampungnya. Namun, jika Anda belum memiliki kolam, Anda bisa menyewakannya terlebih dahulu sebagai langkah percobaan atau edukasi.

Modal yang harus dikeluarkan tidak terlalu besar karena harga satu ekor benih lele sekitar Rp. 100 – Rp. 300, tergantung ukuran ikan. Saat dipanen, Anda bisa menjualnya di pasar atau menjualnya sendiri di rumah.

2. Ternak Ayam

Lingkungan pedesaan yang masih luas cocok untuk beternak ayam. Modal yang dibutuhkan untuk beternak ayam tidak besar tergantung kebutuhan dan kemampuan Anda.

BACA JUGA :   Download Aplikasi Penghasil Pulsa Gratis 2021

Tentunya beternak ayam sangat cocok sebagai ide usaha sampingan di desa karena anda masih bisa mengurus pekerjaan lain selain memelihara ayam.

3. Jual ayam potong

Akhir-akhir ini, permintaan penjualan chicken nugget di pedesaan cukup tinggi. Jika tidak banyak penjual ayam di desa Anda, Anda dapat mencoba peluang bisnis ini secara berdampingan.

Kalaupun bisnis ini sudah lancar, bisnis ini bisa menjadi bisnis utama Anda karena keuntungannya sangat menjanjikan.

4. Berkebun pisang

Usaha sampingan di desa yang tidak membutuhkan banyak modal adalah Berkebun pisang. Pisang adalah pohon yang mudah tumbuh dan beranak. Jika Anda memiliki lahan kosong, Berkebun pisang mungkin menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

BACA JUGA :   Investasi Untuk Pekerja Bergaji Rendah

5. Berkebun sayur

Sayuran merupakan makanan pokok yang populer di pedesaan. Anda dapat memanfaatkan peluang perdagangan ini untuk menghasilkan keuntungan.

6. Berkebun Cabai

Cabai masih menjadi komoditas yang menjanjikan keuntungan menggiurkan. Terkadang harga cabai bisa menyentuh angka Rp. 100.000.

Apalagi merawat pohon cabai tidaklah sulit, sehingga cocok dijadikan sebagai ide usaha sampingan di desa.

7. Usaha Warung Sembako

Sembako merupakan salah satu kebutuhan sehari-hari. Jika Anda seorang ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan, maka toko sembako bisa menjadi alternatif terbaik. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal karena bisnis ini bisa dimulai sesuai budget Anda.

Bagikan :