Perbedaan VGA AMD dan NVIDIA, Kelebihan dan Kekurangannya
Perbedaan VGA AMD dan NVIDIA, Kelebihan dan Kekurangannya

Perbedaan VGA AMD dan NVIDIA, Kelebihan dan Kekurangannya

Ada dua kartu grafis yang paling umum untuk urusan gaming dan multimedia di PC atau laptop yang digunakan, AMD dan NVIDIA. Perbedaan paling jelas antara VGA AMD dan NVIDIA adalah kualitas grafisnya. Saat bermain game atau menonton film HD, salah satu komponen yang paling sulit untuk bekerja adalah kartu grafis. Adapun perbedaan VGA AMD dan NVIDIA, kelebihan dan kekurangannya kita akan rangkum disini.

Baik itu AMD Radeon atau NVIDIA, keduanya termasuk kartu VGA yang paling banyak digunakan. PC dan Laptop mana yang lebih baik? Apa perbedaan performa VGA AMD dan NVIDIA?

Perbedaan antara AMD dan NVIDIA VGA

Berikut perbedaan VGA Card NVIDIA dan AMD berdasarkan kegunaannya. Siapa yang terbaik?

1. VGA NVIDIA lebih cocok untuk bermain game

Kartu VGA NVIDIA adalah kartu grafis diskrit yang paling cocok untuk bermain game di PC atau laptop. NVIDIA lebih fokus menggarap grafis untuk game, berbeda dengan AMD. Sebagian besar fiturnya lebih fokus pada peningkatan kualitas grafis dan video, keandalan rendering konten 3D, dan melahap game kelas berat.

BACA JUGA :   Cara Broadcast di WhatsApp bagi Pengguna Android dan iPhone

Selain itu, alasan NVIDIA VGA lebih cocok untuk bermain game adalah karena sebagian besar pengembang game membuat dan mendesain game dengan perangkat keras NVIDIA. Fitur Physx NVIDIA juga dimaksudkan untuk menghidupkan detail game.

NVIDIA memulai debutnya sebagai komponen grafis yang dirancang khusus untuk bermain game. Kehadiran NVIDIA membawa angin segar bagi industri game. Saat itu, dunia game jauh lebih berkembang setelah munculnya NVIDIA. Sekarang, NVIDIA sedang merancang grafik berkemampuan AI sehingga dapat berfungsi sebagai alat yang sesuai untuk teknologi otomasi masa depan.

2. VGA AMD lebih cocok untuk multimedia

Untuk kebutuhan multimedia Anda VGA AMD Radeon yang paling cocok . Bagi yang suka menonton film dalam format HD, Full HD atau 4K UHD, AMD Radeon Graphics adalah pilihan yang tepat. AMD memiliki banyak dukungan untuk mendukung plugin untuk membuat video HD. Fitur premium seperti CUDA untuk VGA memungkinkan Anda memantau kinerja CPU saat memutar video HD.

BACA JUGA :   Ganti Background Foto Online Simpel dan Mudah dengan Hasil Wah!

Teknologi di AMD VGA dapat memproses lebih lanjut gambar, video, rendering 3D, dll. Sebagian besar laptop atau desktop besutan Apple menggunakan AMD Radeon sebagai kartu grafis karena pengguna MacBook atau iMac menggunakan komputernya untuk memproses foto dan video.

3. Harga AMD vs NVIDIA VGA

Dari segi harga, VGA AMD Radeon lebih murah dibandingkan NVIDIA. (kecuali Apple) Harganya yang murah membuat PC dan laptop yang dilengkapi VGA AMD sangat terjangkau .VGA AMD tidak banyak mendapat perhatian dari konsumen karena performanya yang kurang bagus untuk gaming.

Di sisi lain, VGA NVIDIA lebih mahal dan memiliki lebih banyak varian. Harga yang lebih tinggi menaikkan harga PC dan laptop dengan NVIDIA. Namun, meski cukup mahal, kualitas grafisnya lebih cocok untuk sebagian besar konsumen Indonesia yang lebih menyukai game ketimbang multimedia.

Kelebihan dan Kekurangan AMD Radeon

Kelebihan AMD Radeon VGA Plus lebih cocok untuk multimedia. AMD Radeon dilengkapi dengan UVD (Unified Video Decoder) yang dapat menampilkan video dalam definisi yang sangat tinggi. Fitur ini tidak dimiliki oleh NVIDIA. Kemudian, dukungan Eyefinity memungkinkan Anda menggabungkan 6 layar sekaligus untuk tampilan gambar ekstra lebar. AMD Radeon lebih baik dari NVIDIA dari segi harga dan konsumsi listrik.

BACA JUGA :   PUBG: New State Alpha Test, ini Cara Daftarnya!

Kekurangan dari VGA AMD Radeon adalah tidak cocok untuk gaming. Untuk AMD Radeon tidak mendukung teknologi Physx sehingga tampilan grafis tidak terlihat detail. Main game di PC dengan AMD Radeon pasti lebih menyebalkan daripada NVIDIA.

Kelebihan dan Kekurangan NVIDIA

Keunggulan VGA NVIDIA adalah lebih cocok untuk game dan developer game. Pada logo NVIDIA, kata-kata “Ini dimaksudkan untuk dimainkan” sering muncul. Yang artinya ini adalah VGA yang didesain untuk para gamer. NVIDIA juga berkolaborasi dengan banyak pengembang game terkemuka dunia. Tujuannya agar grafik dalam game terlihat lebih mulus saat dimainkan di PC dengan VGA NVIDIA dari AMD.

Kekurangan dari VGA NVIDIA adalah kemampuannya untuk memutar video HD yang kurang baik. Bagi yang suka menonton film favorit dalam kualitas Bluray atau di layar Full HD atau 4K UHD, Anda pasti sangat kecewa dengan VGA ini. Karena tidak mendukung teknologi UVD, proses decoding video masih membutuhkan prosesor utama. Kelemahan lain dari AMD adalah konsumsi listrik yang sangat boros. VGA menyerap listrik lebih banyak dari pesaing terdekatnya, AMD.